Follow

Citizen Reporter: How to Make Team Teaching Works? Temukan Jawabannya di LKPP Unhas

Editor: Khintan | Sabtu, 21 April 2018 - 16:50 Wita | 149 Views
Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan Unhas mengadakan kegiatan Active Learning for Higher Education Workshop dengan tema "How to make Team Teaching Works" di aula LKPP Unhas, Tamalanrea (21/4). Foto: istimewa/identitas

Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan (LKPP) Unhas mengadakan kegiatan Active Learning for Higher Education Workshop dengan tema “How to make Team Teaching Works” di aula LKPP Unhas, Tamalanrea (21-22/4).

Kegiatan ini diikuti oleh dosen Unhas perwakilan setiap Fakultas, dimana salah satu anggotanya pernah mengikuti kegiatan Teaching Learning Improvement Workshop (TLIW) sebelumnya. Kegiatan ini diperuntukkan untuk tim mata kuliah.

Pada kegiatan TLIW sebelumnya, setiap dosen dibekali materi untuk mengefektifkan proses pembelajaran dan dilatih untuk membuat portofolio setiap satuan mata kuliah yang diampunya. Portofolio berisi dokumen mulai dari RPS/GBRP hingga lembar penilaian setiap mahasiswa setiap selesai membawakan satu kali pertemuan matakuliah.

Menariknya setiap dosen akan dievaluasi oleh fasilitator untuk memastikan proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien. Pelatihan kali ini merupakan terobosan besar yang dilakukan oleh LKPP Unhas dengan membekali tim pengajar dalam satu matakuliah agar mereka lebih efektif, efesien, profesional dan bermutu dalam proses pembelajaran.

Dalam sambutannya, Prof. Musrizal Muin, Sekretaris LKPP, menyampaikan bahwa kegiatan ini pada dasarnya memberikan fasilitas kepada team teaching untuk berkumpul untuk membuat perencanaan mata kuliah agar terwujudnya kohesi diantara sesama team teaching.

Peserta akan didampingi oleh fasilitator yang berpengalaman yaitu Muh. Ashry Sallatu, Ira Taskirawati, Muh. Ridwan, Abdullah Sanusi danĀ  Pusparida Syahdan.

Pada hari pertama, peserta akan dibekali materi meliputi Gaya Belajar Milineal, Revitalisasi Proses Pembelajaran dengan Team Teaching, Building an Effective Team Teaching, Implementasi High Order Thinking dalam Proses Pembelajaran, Menjadi Pembelajar Aktif, Penilaian Otentik dan Research Based Learning.

Pada hari kedua, selain mendapatkan materi, peserta juga akan melakukan micro teaching dan workshop ini akan dilanjutkan ke tahapan peer-observasi dimana peserta akan saling mengunjungi kelas rekan sejawatnya.

Salah satu peserta dari FIKP, Benny sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Kegiatan ini bagus, melatih kita secara perlahan agar menjadi dosen yang profesional” ujarnya.

Senada dengan yang disampaikan fasilitatornya, Abdullah Sanusi yang mengharapkan agar tim teaching makin kompak. “Jika team teaching berjalan secara ideal, maka sasaran belajar dapat dicapai lebih maksimal” ujarnya.

Penulis: Abdullah Sanusi

BACA JUGA