Follow

Citizen Reporter: Ingin Tahu Tentang Perdagangan Bebas? Datang Saja ke FTA Center Makassar

Editor: Sri Hadriana | Jumat, 08 Juni 2018 - 12:27 Wita | 159 Views
Foto: Istimewa

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (FEB-UH) menginisiasi peluncuran Free Trade Agreement (FTA) Center di Makassar. Kerjasama ini dalam bentuk swakelola antara Direktorat Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag dan FEB Unhas. FTA Center ini berisikan Tenaga Ahli (TA) yang merupakan dosen FEB Unhas dan juga praktisi dalam bidang ekspor dan impor.

“FTA Center Kemendag ini sangat diperlukan agar semua pihak bisa mengikuti informasi dan perkembangan terbaru tentang perjanjian-perjanjian perdagangan bebas yang melibatkan Indonesia,”kata Dekan FEB Unhas, Prof Dr Abd Rahman Kadir, Jumat (8/6).

FTA Center Kemendag termasuk yang ada di Makassar memiliki tiga tujuan utama, yaitu meningkatkan kemudahan ekspor dan fasilitasi perdagangan; meningkatkan pemanfaatan skema kerja sama perdagangan internasional; serta mendorong para pengusaha untuk ekspor dan mencetak para eksportir baru. Untuk mencapai tujuan tersebut, FTA Center Makassar akan melakukan kegiatan edukasi/sosialisasi, konsultasi, dan advokasi pemanfaatan hasil perundingan perdagangan internasional kepada para pelaku usaha. Pelayanan yang diberikan FTA ini tidak dipungut biaya.

Terkait jasa edukasi dan sosialisasi, FTA Center Makassar akan menggelar berbagai kegiatan peningkatkan kapabilitas (capacity building) pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar mampu bersaing di pasar global. Kegiatan ini ditujukan terutama kepada pelaku UMKM yang berorientasi ekspor. Kegiatan diberikan dalam bentuk pelatihan, coaching clinics, dan sosialisasi yang diselenggarakan sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain.

Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai kegiatan ekspor, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing para peserta. FTA Center Makassar menargetkan akan lahir eksportir baru yang dapat memperluas jumlah eksportir di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan dan meningkatkan kelas usaha UMKM.

“FTA Center ini dapat juga dimanfaatkan oleh mahasiswa yang ingin mengetahui lebih jauh tentang perjanjian perdagangan bebas yang dimiliki Indonesia, termasuk jika ada mahasiswa yang memiliki usaha dan ingin berorientasi ekspor,” ungkap Tenaga Ahli bidang Promosi dan Strategi, Dr Abdullah Sanusi.

Oleh sebab itu, bagi mahasiswa yang ingin mengetahui hal-hal mengenai FTA dan bagaimana cara memanfaatkannya dapat mengunjungi FTA Center Makassar di Kantor Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Manunggal 22 No.40 Makassar atau menghubungi (0411) 434164 maupun mengirim email ke [email protected].

Penulis: Dr Abdullah Sanusi

BACA JUGA