Follow

Citizen Reporter:  KKN Infrastruktur Unhas Ajar Pegawai Kelurahan Operasikan Aplikasi ArcGis

Editor: Sri Hadriana | Kamis, 09 Agustus 2018 - 21:45 Wita | 159 Views
Suasana salah satu program KKN Infrastruktur Unhas yaitu Cara pengoperasian ArcGis di Paleteang, Pinrang. Foto: dokumentasi pribadi

Mahasiswa KKN Infrastruktur Unhas menggelar pelatihan mengoperasikan aplikasi ArcGis di aula Kantor Camat Paleteang, Pinrang sekitar pukul 14.00 Wita, Rabu (8/8). Aplikasi ArcGis adalah software yang digunakan untuk membuat peta.

Kegiatan diawali  dengan laporan Koordinator Kecamatan (Korcam), Surianto. Dalam laporannya, Korcam mengatakan, kegiatan itu terlaksana karena kurangnya staf yang dapat mengelolah basis data di kelurahan. Utamanya, tambah Surianto, dalam pembuatan dan pemutakhiran peta administrasi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari program survei lapangan yang sudah kita petakan, nanti datanya diserahkan ke pihak kelurahan. Kita berharap ada staf yang bisa meng-update data tersebut,” kata Surianto.

Setelah laporan dari korcam, Supervisor KKN Infrastruktur Kabupaten Pinrang, Dr Eng Ilham Alimuddin ST M Gis memberikan sambutan. Dalam ceramahnya, Ilham mengatakan, setiap kelurahan tentunya harus memiliki basis data dan peta administrasi yang aktual.

“Kegiatan tersebut tentu saja tidak dapat membuat para peserta menjadi ahli dalam pemetaan. Akan tetapi, menjadi bahan agar para staf kelurahan dapat memahami pentingnya menguasai aplikasi ArcGis,” tutur dosen Departemen Teknik Geologi Unhas ini.

Lebih lanjut, Ilham mengharapkan staf kelurahan yang hadir dapat memahami pentingnya menguasai aplikasi ArcGis.

“Dalam melakukan pemetaan semua bidang bisa terlibat, mulai bidang kesehatan, sosial, kebencanaan, hingga politik dan bidang lainnya” tambah Ilham.

Selain memberikan sambutan, Ilham juga berkesempatan memberikan materi kepada warga cara mengoperasikan aplikasi ini. Kala itu, tampak para peserta sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan. Peserta yang hadir yaitu masing-masing perwakilan dua orang dari 6 kelurahan.

Setali tiga uang dengan Ilham, Camat Paleteang H Fakhrullah S STP M Si juga mengatakan urgensinya mengetahui cara mengoperasikan ArcGis. Ia mengharapkan pula Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Instansi pemerintahan lainnya dapat merekrut pegawai yang memiliki keahlian di bidang tersebut.

” Yaa ini memang menjadi permasalahan kita bahwa masih kurang yang dapat menguasai SIG ini, padahal ilmu ini dapat digunakan dimana saja dan oleh bidang ilmu apa saja. ” tutur Fahkrullah

Sisi lain, warga tampaknya merasakan manfaat dari kegiatan ini. Bahkan, salah satu peserta, Muchlis tak sabar ingin mengoperasikan ArcGis di kelurahan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, kalau bisa kami meminta soft file aplikasi ini agar dapat memasang program di komputer kelurahan dan kecamatan. Supaya staf bisa langsung mengoperasikannya,” katanya.

Sekitar pukul 15.30 Wita, kegiatan dilanjutkan dengan workshop aplikasi ArcGis yang dipandu oleh mahasiswa KKN Unhas. Acara ini berakhir pada pukul 16.30 setelah workshop tersebut.

Penulis: Surianto

BACA JUGA