Follow

Citizen Reporter: Pertama Kalinya, KKN Unhas akan Mengabdi di Kolaka Timur

Editor: Khintan | Sabtu, 07 Juli 2018 - 12:04 Wita | 532 Views
Foto: Istimewa

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bakti Negara (BN) Unhas gelombang 99 akan mengabdi di sejumlah daerah dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102. Pengabdian tersebut akan dilaksanakan di empat lokasi berbeda. Diantaranya Kabupaten Sidrap, Majene, Selayar dan Kolaka Timur yang berlokasi di Sulawesi Tenggara.

Khusus lokasi pengabdian yang berada di luar Sulawesi Selatan (Sulsel) ini, akan diikuti oleh 44 mahasiswa KKN, 15 laki-laki dan 29 perempuan. Selanjutnya mereka akan bergabung dengan Satuan Petugas (Satgas) TMMD di Kecamatan Lalolae, Kolaka Timur (Koltim).

KKN BN-TMMD ini akan berlangsung sebulan terhitung sejak 10 Juli hingga 10 Agustus. Rencananya, peserta akan ke lokasi melalui Pelabuhan Bajoe, Kabupaten Bone menuju ke Kolaka. Perjalanan akan ditempuh selama delapan jam menggunakan kapal feri, Minggu, (8/7).

Setelah berkoordinasi dengan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kolaka, peserta akan diterima dan diadakan pembekalan khusus di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 1412 Kolaka. Setelah itu, para peserta KKN akan menuju ke lima lokasi berbeda bersama dengan Satgas TMMD. Kelima lokasi tersebut ialah Desa Talodo, Desa Lalosingi, Desa Kesio, Kelurahan Lalolae dan Desa Wesalo.

Koltim merupakan kabupaten yang baru dimekarkan sejak lima tahun terakhir. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa KKN BN-TMMD. Salah satu peserta, Haerul Andi Affan memilih KKN Tematik ini karena merupakan pertama kalinya dan berharap agar ke depannya dapat menjadi role model.

“Sebagai lokasi yang baru saja terbentuk, tentunya di Kolaka Timur akan banyak yang perlu dibenahi dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami,” kata mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat ini, Jumat (6/7).

Penulis: Abdul

BACA JUGA