Follow

Foto : Potret Aksi Mahasiswa Unhas Peringati Hardiknas

Editor: Sri Hadriana | Rabu, 02 Mei 2018 - 22:34 Wita | 196 Views
Aliansi Unhas Bersatu melakukan orasi di depan Pintu 1 Unhas dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, Rabu (2/5). Foto: identitas/Dhirga Erlangga

Aliansi Unhas Bersatu memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan melakukan aksi di beberapa lokasi. Salah satunya, di Fly Over Jalan Urip Sumoharjo Makassar. Di sana, mereka bergabung dengan mahasiswa dari universitas lain di Makassar, seperti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Bosowa , dan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sekitar pukul 15.00 Wita, gabungan mahasiswa Makassar melanjutkan aksi di depan Gedung DPRD Sulawesi Selatan. Tiga jam kemudian, Aliansi Unhas Bersatu kembali ke depan Pintu 1 Unhas. Di sana, mereka berorasi menyuarakan beberapa tuntutan, seperti cabut UU PT nomor 12 tahun 2012 dan wujudkan demokrasi kampus. Selama aksi, mahasiswa membuat panggung orasi dan bakar ban. Menjelang petang suara aksi mahasiswa makin semangat ditandai dengan nyanyian perjuang mahasiswa. Aksi ini pun berlangsung hingga malam hari.

Salah satu demonstran mengecat tubuhnya dengan tulisan Cabut UU PT tahun 2012. Cara ini sebagai salah satu bentuk protes mahasiswa dalam aksi memperingati Hardiknas.

 

Salah satu demonstran aksi peringati Hardiknas membakar ban di Fly Over

 

Polisi memadamkan api yang dinyalakan oleh demonstran selama berlangsungnya aksi peringatan Hardiknas

 

Polisi menggunakan distributor alat pemadam kebakaran untuk memadamkan api

 

Selama aksi berlangsung, Demonstran dengan polisi sempat adu fisik sekitar sepuluh menit di Fly Over

 

Tampak polisi membawa sisa ban yang terbakar

 

Aliansi Unhas Bersatu berorasi di depan Gedung DPRD Sulawesi Selatan

 

Lokasi Aksi kedua, depan Pintu 1 Unhas, Aliansi Unhas Bersatu membuat panggung orasi untuk menyuarakan tuntutan mereka

Foto dan Naskah: Dhirga Erlangga

BACA JUGA