Follow

GenBI Adakan Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia di Unhas

Editor: Musthain Asbar Hamsah | Selasa, 06 Februari 2018 - 00:05 Wita | 86 Views
Sosialisasi beasiswa BI di fakultas ekonomi Unhas. Senin (5/2). Foto: Wandi/identitas

Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan “Sosialisasi Beasiswa Bank Indonesia” di Aula FIS B Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unhas, Senin (05/02).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh ketua GenBI Komisariat Unhas. Puluhan mahasiswa hadir dalam acara tersebut untuk mendapatkan pengetahuan tentang beasiswa BI. Dalam pemaparannya Muh. Nur Aziz selaku pembicara dalam kegiatan ini memberikan sedikit gambaran mengenai tahap wawancara.

“Dalam wawancara biasanya ditanyakan mengenai Bank Indonesia, tentang tujuan dan fungsinya,” ujar Aziz.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk tahun ini kuota dari beasiswa ini ditambah 20 orang untuk setiap universitas dibanding tahun lalu yang hanya sepuluh orang saja setiap universitas. Untuk Unhas sendiri termasuk dalam kategori Beasiswa Unggulan.

Beasiswa ini merupakan program sosial yang memang direncanakan oleh BI yang tergabung dalam bidang pendidikan. Untuk daerah Sulawesi Selatan sendiri hanya ada tiga PTN yang bisa mendapat beasiswa ini yaitu Unhas, UIN, dan UNM.

Adapun syarat dasar dari beasiswa tersebut yaitu minimal semester empat dan maksimal semester enam dengan jumlah SKS sebanyak 40 SKS dan IPK sebesar 3.5 dalam skala 4.00.

Ketua GenBI Komisariat Unhas juga menjelaskan bahwa seluruh pendaftar beasiswa ini hanya sekitar 40 orang saja yang akan diloloskan dalam seleksi administrasi. Dalam beasiswa ini terbagi atas tiga tahap yaitu tahap Pra Seleksi, Seleksi pertama (Administrasi) dan tahap dua (Wawancara).

Reporter: Wandi Janwar

BACA JUGA