Follow

Ini Tips Ketua MPM Unhas agar Ramadan Lebih Bermakna

Editor: Nor Hafizah | Senin, 28 Mei 2018 - 23:05 Wita | 234 Views
Foto: Istimewa

Salam Ramadan teman-teman, apa agenda kalian di bulan suci ini? Sebagai mahasiswa tidak dipungkiri kita akan disibukkan dengan berbagai aktivitas kampus. Seperti mengerjakan tugas kuliah, organisasi, dan sebagainya.

Padatnya kegiatan membuat kita terkadang lalai untuk menjalankan amalan-amalan di bulan berkah ini. Bulan ramadan amal kebaikan yang dilakukan akan dibalas dengan berlipat ganda. Bahkan  jika mampu menjalankan puasa dengan sempurna, maka pada hari kemenangan nanti segala dosa akan diampuni sebagaimana bayi yang baru lahir.

Ketua UKM Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Mahasiswa Pecinta Musala (MPM) Unhas, Andi Ashar, membagikan tips agar Ramadan kamu di tahun ini lebih bermakna.

1. Melakukan Puasa dengan Ikhlas

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Menjalankan puasa harus ikhlas, bukan karena gengsi dan mengharapkan pujian orang lain. Andi Ansar menekankan bahwa keikhlasan dalam melaksanakan puasa, tanpa beban merupakan langkah awal agar puasa lebih berkualitas.

Ikhlas didefinisikan sebagai upaya memurnikan niat seperti tidak berharap dipuji oleh orang lain saat melakukan kebaikan dan melaksanakan puasa karena Allah subhana wata’ala. Jangan sampai puasa yang kita lakukan hanya mendapatkan lapar dan haus, namun tidak mendapatkan pahala.

2. Memperbanyak 2D (Dzikir dan Doa)

Ketua LDK MPM Unhas ini menambahkan bahwa, puasa diisi dengan dzikir dan doa akan semakin istimewa. Kadang dengan dalih kesibukan, kemudian jarang berdzikir dan berdoa.

Padatnya kegiatan bukan menjadi alasan bagi kamu untuk tidak berdzikir. Beristigfar dapat kamu lakukan dimana dan kapan saja. Misalnya saat berjalan, menonton, berkendaraan, kamu tetap dapat melafazkan kalimat-kalimat Allah.

Seperti halnya dengan berdzikir, berdoa di bulan Ramadan juga memiliki keutamaan yang besar. Doa akan mudah dikabulkan dibandingkan dengan bulan lainya.  Hal ini ditegaskan pada hadis Rasulullah.

“Sesungguhnya orang yang berpuasa ketika ia berbuka doanya tidak akan ditolak,”(H.R Ibnu Majah)

3. Meningkatkan Sedekah

Memperbanyak sedekah, jika selama ini kamu jarang mengeluarkan sedikit rezeki. Maka bulan ramadan ini salah satu momen yang tepat untuk berbagi.

“Ini adalah salah satu ibadah yang agung (bersedekah). Bukan hanya bersedekah tapi memberi makan fakir miskin, membantu orang yang membutuhkan, dan memberi makan orang yang berpuasa juga termasuk di dalamnya,” ujar Andi Ashar.

Salah satu keutamaan besar di bulan ramadan ialah memperbanyak sedekah. Allah SWT menjanjikan pahala dan balasan bagi orang-orang yang sering bersedekah. Maka tidak mengherankan terdapat banyak hadis untuk menceritakan keberuntungan bersedekah.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga,” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

4. Menyegerakan Berbuka dan Mengakhirkan Sahur

Sungguh mulia orang yang berpuasa, mulai dari menahan lapar, haus dan akhirnya berbuka. Namun padatnya pekerjaan dan rutinitas membuat kita terkadang terlambat untuk berbuka. Menyegerakan berbuka puasa memiliki keutamaan.

“Senantiasa manusia dalam keadaan baik selama mereka menyegerakan berbuka” (H.R Bukhari).

Andi Ashar menambahkan bahwa seseorang yang akan berpuasa juga dianjurkan untuk mengakhirkan makan sahur. Karena di dalamnya terdapat berkah dan keutamaan yang besar. Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnumajah.

“Kami perna makan sahur bersama Rasulullah, kemudian kami menegakkan sholat. Aku bertanya, berapa jarak antara keduanya? Ia menjawab, sekedar bacaan lima puluh ayat,”(H.R Ibnumajah)

5. Membaca Al Qur’an

Meskipun teman-teman punya segudang kesibukan di kampus. Tetap sisipkan waktu mendekatkan diri kepada Allah dengan membaca Al-Quran.

Perkembangan alat komunikasi seperti smartphone menjadi salah satu alternatif untuk membaca Al Qur’an. Jika selama ini kamu lebih banyak menghabiskan untuk membuka media sosial. Maka di bulan berkah ini coba untuk lebih menyejukkan hati dengan membaca Al Qur’an.

Jadi tunggu apalagi teman-teman, mari manfaatkan bulan Ramadan untuk hal yang lebih bermafaat. Karena tidak ada yang dapat menjamin bahwa tahun depan kita dapat merasakannya lagi. Selamat berpuasa sivitas akademika Unhas.

Reporter: Arisal

BACA JUGA