Follow

Kekuatan Pikiran untuk Perubahan Besar dalam Hidup

Editor: Nor Hafizah | Senin, 28 Mei 2018 - 21:05 Wita | 112 Views
Foto: Istimewa

“Kepercayaan sederhana tentang diri sendiri, mengarahkan sebagian besar hidup anda”

Kesuksesan seseorang tak melulu berasal dari bakat atau kecerdasannya. Namun tergantung bagaimana seseorang memandang arti kehidupan. Selama dua puluh tahun, Carol S. Dweck, psikiater melakukan penelitian tentang kekuatan pikiran atau mindset. Ia akhirnya menuliskan penelitiannya itu dalam sebuah buku berjudul Mindset (Mengerti Kekuatan Pola Pikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup).

Dalam bukunya, Carol memaparkan konsep dan cara-cara sederhana untuk mengajak pembaca mengerti dirinya sendiri. Ia menuliskan bahwa pandangan seseorang akan mempengaruhinya dalam menjalankan kehidupan. Hal ini tentunya berhubungan erat dengan mindset, pola pikir seseorang juga mempengaruhi tingkah lakunya, yang akan berdampak pada kehidupan orang itu sendiri.

Untuk mempelajari mindset sendiri, Carol mengajak pembaca untuk selalu berpikir sehat, karena itulah sebenarnya kunci dari kesuksesan. Orang yang berpikir sehat tidak menyalahkan keadaan dirinya, tetapi mengandalkan bakat dan kecerdasannya, menekankan proses belajar dan peran ikhtiar. Dan meyakini bahwa kesuksesan dan kegagalan di masa kini bukanlah cerminan dari masa yang akan datang.

Pola pikir atau mindset seseorang berperan penting dalam hidup. Buku international best Seller ini menjelaskan, ada dua jenis mindset yakni fixed Mindset (mindset tetap) dan growth mindset (mindset berkembang). Seseorang tidak dapat menggunakan keduanya, tetapi hanya salah satu dari kedua jenis mindset tersebut.

Kepercayaan seseorang terhadap ketetapan sejak lahir disebut mindset tetap. Individu berpikir bahwa segala yang dimilikinya seperti talenta dan kecerdasan sudah ketentuan dan tidak bisa dikembangkan lagi, sekeras apapun seseorang berusaha.

Sedangkan, growth mindset adalah kepercayaan seseorang bahwa segala sesuatu yang dimiliki bisa dikembangkan. Orang yang memiliki pola pikir yang berkembang selalu percaya bahwa kecerdasan dan talenta yang sudah diberikan Tuhan selalu bisa dikembangkan.

Orang yang memiliki pola pikir berkembang akan percaya bahwa selalu ada ruang yang lebih baik. Segalanya dapat diperoleh dari usaha dan kerja keras yang dilakukan setiap saat. Untuk itu, pola pikir ini sangat membantu seseorang menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Lebih optimis dalam menjalani hidup. Menanggap bahwa apapun yang terjadi penting untuk dipelajari.

Dalam buku setebal 387 halaman, Carol mengajak pembaca untuk sukses dengan berpikir positif, Tak hanya iru, di buku ini juga dijelaskan bagaimana cara mengaplikasikan mindset dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi anda yang senang dengan buku motivasi, kami sarankan untuk anda baca. Banyak motivasi yang disampaikan penulis dalam buku ini. Motivasi itu ditulis apik melalui tokoh-tokoh terkenal seluruh dunia, dalam bidang musik, sastra, sains, olahraga, dan bisnis. Carol menuliskan bagaimana mereka menggunakan pola pikirnya dalam meraih kesuksesan. Ternyata, tokoh yang berpola pikir tumbuh (growth mindset) lebih mudah meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidupnya, dibanding mereka yang percaya pada pola pikir tetap (fixed mindset).

Walaupun buku ini telah mendapat predikat sebagai buku international best seller, namun tidaklah sepenuhnya sempurna, seperti pada penulisan kata ganti orang pertama (dia), penulis lebih cenderung menggunakan kata ganti mereka. Namun, tentu penulis memiliki maksud tertentu untuk menggunakan ganti tersebut. Selamat membaca!

Penulis: Cahya Mukhlisa Azdarani

Data Buku

Judul : Mindset (Mengerti Kekuatan Pola Pikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup)

Penulis : Carol S. Dweck, PH.D.

Penerjemah : Amanda Setrioni dan Tim Penerjemah Baca

Tebal buku : 387 Halaman

Penerbit : PT Bentara Aksara Cahaya

Tahun Terbit : 2017

BACA JUGA