Follow

KKN Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya Unhas Ajak Siswa Gemar Menabung

Editor: Sri Hadriana | Kamis, 09 Agustus 2018 - 22:00 Wita | 94 Views
Mahasiswa KKN Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya mengajarkan siswa sekolah dasar untuk gemar menabung. Foto: dokumentasi pribadi

Mahasiswa KKN Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya menggelar kegiatan Gemar Menabung (GeM) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 126 Kambuno, Desa Pulau Harapan, Pulau Sembilan, Sinjai.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai 31 Juli sampai 3 Agustus 2018. Hari pertama, mahasiswa memberikan materi pemahaman menabung. Lalu, mereka membagikan celengan dan buku kontrol kepada siswa.

Esoknya, mahasiswa mengevaluasi tabungan dan memainkan monopoli raksasa. Hari ketiga, selain mengevaluasi tabungan, juga memberikan hadiah kepada siswa yang berpartisipasi pada kegiatan GeM ini.

Salah satu mahasiswa KKN, Muhammad Zulfikar Hadi Kusuma menjelaskan, salah satu permainan yang diajarkan ialah monopoli raksasa. Tujuannya, agar siswa mampu belajar untuk memanajemen keuangan sejak dini.

“Permainan ini menggunakan tiga papan permainan raksasa yang didesain sendiri dan disertai dua dadu raksasa di masing-masing papan permainan,” jelas Zulfikar.

Lebih lanjut, mahasiswa Departemen Teknik Indusri Unhas ini menambahkan, menabung mungkin tidak terlalu asing bagi anak-anak yang tumbuh di kota besar. Namun, tidak pada anak-anak di wilayah pesisir.

“Ada beberapa faktor yang membuat hal tersebut menjadi wajar. Misal, minimnya pengetahuan masyarakat terhadap fungsi dan fasilitas yang tersedia di agen bank wilayah pesisir. Tentu membuat minat dan pengetahuan masyarakat tentang masalah tabung-menabung sangat minim,” katanya.

Oleh karena itu, tambah Zulfikar, semoga dengan kegiatan ini bisa menjadi pemantik kesadaran menabung bagi anak usia dini, khususnya yang masih mengenyam bangku pendidikan dasar.

“Sehingga, dapat menjadi generasi yang mapan dalam segi ekonomi,” harap mahasiswa angkatan 2015 ini.

M05

BACA JUGA