Follow

KKN Tematik Kakao Bulukumba Unhas Ajak Petani Gunakan Pupuk Kompos

Editor: Khintan | Rabu, 11 Juli 2018 - 14:45 Wita | 273 Views
Foto: Istimewa

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kakao Bulukumba Universitas Hasanuddin melaksanakan Program Kerja dalam bentuk pelatihan pembuatan M0l (Microoganisme Local) dan penampungannya (Rakor) bagi masyarakat setempat. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Buhung Luara, Desa Karama, Kec. Rilau Ale Kab. Bulukumba, Rabu (11/7). Pelatihan tersebut dihadiri oleh kepala dusun Buhung Luara, kepala dusun Katangka, dan para Kelompok Tani dan Karang Taruna.

MOL buatan mahasiswa KKN ini adalah mikroba untuk membuat pupuk kompos yang akan menghancurkan kotoran ayam, daun-daunan, dll. Rorak sendiri digunakan sebagai tempat penampungan limbah kakao ketika selesai panen. limbah kakao itulah yang kemudian menjadi pupuk kompos alami.

Acara tersebut dilakukan berdasarkan hasil survey bahwa para petani kakao di daerah tersebut masih menggunakan pupuk kimia,. Oleh karena itu, para mahasiswa KKN di Desa Karama tersebut mengajak para petani kakao untuk beralih dari pupuk kimia ke pupuk organik. Para mahasiswa KKN pun berharap agar masyarakat di Desa Karama dapat membuat MOL dan Rorak sendiri nantinya.

Kepala Dusun Buhung Luara sekaligus Ketua Kelompok Tani, Muh Anwar mengaku mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kegiatan ini memberi pengetahuan agar kami dapat membuat sendiri MOL. Sehngga kedepannya kami akan beralih ke pupuk kompos yang ramah lingkungan dan juga dari pelatihan-pelatihan yang telah kami lakukan selama ini belum pernah diadakan mengenai pembuatan MOL sepert ini,”ungkapnya.

Selain itu, Koordinator Desa Karama KKN Tematik Kakao Bulukumba mengatakan, mereka senang dapat membantu para masyarakat setempat.”Kami juga banyak belajar dari petani kakao mengenai hal-hal yang tidak kami dapatkan di kampus,”ujar Rudi kepada¬†identitas.

Reporter: M03

BACA JUGA