Follow

Kuliah Kerja Nyata Tematik Desa Membangun Unhas Gelar Seminar Program Kerja

Editor: Khintan | Rabu, 11 Juli 2018 - 15:15 Wita | 217 Views
Foto: Istimewa

Mahasiswa KKN Tematik Unhas Desa Membangun Jeneponto mengadakan seminar Program Kerja KKN di Kantor Kepala Desa Jenetallasa, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Rabu (11/7). Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan koordinator Desa Jenetallasa, Plt. Kepala Desa Jenetallasa, Muhammad Tahir, S Pd, Bintara Pembina Desa (Babinsa). Kemudian sambutan dari Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dr Ir Saraswati Sugiarto.

Adapun beberapa program kerja yang dicanangkan ialah Jenetallasa Anti Corruption and Competition, Sertifikasi Lahan Tanah, Pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Pendataan Kelompok Tani Desa Jenetallasa, dan Pengelolaan BUMDES Eco Wisata. Kegiatan tersebut juga dihadiri tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lembaga-lembaga masyarakat Desa Jenetallasa.

Seminar ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat setempat mengenai potensi desa dan permasalahan yang ada dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Selain itu, masyarakat memperoleh transparansi anggaran dana desa dan alokasi dana desa karena langsung di sampaikan oleh Tahir mengenai program kerja desa. Melalui kegiatan ini pula masyarakat dapat menjalin komunikasi dengan Tahir beserta jajarannya tentang permasalahan desa sehingga nantinya dapat bermitra dalam proses pembangunan kedepannya.

“Kami harapkan dengan adanya KKN Tematik Unhas Desa Membangun ini, kami dapat berkolaborasi dengan baik untuk mewujudkan Desa Jenetallasa yang lebih baik kedepannya,”katanya.

Selanjutnya, Saraswati Sugiarto mengatakan, konsep desa membangun melibatkan partisipasi masyarakat mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pembangunan desa. Hal itu sesuai dengan amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa.

“Dengan itu mahasiswa KKN Tematik Desa Membangun Jeneponto, Universitas Hasanuddin hadir untuk memberikan gagasan inovatif dan kreatif dalam pembangunan desa. Tanpa keterlibatan masyarakat maka pembangunan desa tidak akan berjalan sebagaimana mestinya,”ujarnya.

Koordinator Kecamatan KKN Tematik Desa Membangun Jeneponto, Supriadi, mengatakan, partisipasi masyarakat adalah kunci sukses suatu pembangunan desa. Terlebih keterlibatan pemuda sebagai ujung tombak suatu perubahan.

Reporter: M03

BACA JUGA