Follow

Cegah Paham Radikal, Bidang Kemahasiswaan Unhas Gelar Semarak Ramadan

Editor: Khintan | Kamis, 31 Mei 2018 - 21:06 Wita | 103 Views
Bidang Kemahasiswaan Unhas menggelar Senarak Ramadan di Lantai Dasar Rektorat, Kamis (31/5). Foto: Fitri Ramadhani/identitas

Bidang Kemahasiswaan Unhas mengadakan Semarak Ramadan di Lantai Dasar Rektorat Unhas, Kamis, (31/5). Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun itu, kali ini mengangkat  tema “Terorisme dan Radikalisme Musuh Kita”.

Acara yang berlangsung selama dua hari itu, 30-31 Mei, terdiri dari dua rangkaian lomba yakni Tilawah Alquran dan Syarhil (Pidato Kandungan Alquran). Selain itu, perlombaan tersebut sebagai ajang persiapan mahasiswa Unhas untuk mengikuti kejuaraan nasional tahun depan.

Sehubungan dengan tema yang diangkat, Ketua Panitia, Dr H Madris DPS M Si mengatakan dalam item lomba Syahril, peserta mesti menyampaikan ayat-ayat Alquran yang dapat meluruskan pemahaman orang-orang bahwa terorisme bukanlah jihad. Ia juga menyampaikan, dalam pidato yang dibawakan peserta mesti meluruskan pemahaman masyarakat yang mengidentikkan orang yang menggunakan cadar atau celana cingkrang sebagai teroris.

“Kegiatan ini sangat penting karena persoalan seperti itu (terorisme dan raradikalisme) sering ditempelkan dengan orang Islam,”jelas WD 3 FEB itu.

Peserta yang mengikuti lomba ini ialah mahasiswa Unhas dari semua fakultas. Ada 20 peserta yg mendfatar Syarhil Alquran, namun yang hadir sejumlah 15 orang. Sedangkan untuk pendaftar lomba tilawah sebanyak 33 dan yang hadir 21 orang. Adapun yang berhasil menjadi pemenang tilawah Alquran putra ialah  Ammar Suud (FIKP), Muh Indra (FIB), dan Muh Darmawan (FH). Sedang pemenang tilawah Alquran adalah Khairun Nisa (FIKP), Nur Azizah (Fakultas Pertanian), dan St Fauziah (Fakultas Keperawatan). Kemudian pemenang Syahril putra yaitu Muh Auzan Haq (FH), Muh Riswan (Mipa), dan Luthi Nurpratana (Mipa). Pemenang putri ialah Nurul Mawahda Syafitri (FKM), Titi Risla Aziz (FIB), dan Nurfadillah Utami (Fakultas Keperawatan).

Reporter: Fitri Ramadhani

BACA JUGA