Follow

Pameran Pendidikan Taiwan Digelar di Unhas

Editor: Khintan | Rabu, 09 Mei 2018 - 17:00 Wita | 86 Views
Taiwan Education Showcase digelar di Aula LKPP Unhas, Rabu (9/5). Foto: Madeline Yudith/identitas

Pameran Pendidikan Taiwan digelar di Aula LKPP Unhas, Rabu (9/5). Pada kesempatan kali ini,  Indonesia-Taiwan Education CenteraiwanSurabaya memperkenalkan program-program international dari enam universitas Taiwan. Seperti Fu Jen Catholic University,  National Formosa University,  Asia University, China Medical University, National Sun Yat-Sen University, dan Vanung University. Masing-masing universitas ini menawarkan program studi yang diperuntukkan untuk mahasiswa Indonesia S1, S2, dan S3.

Di Taiwan, terdapat 140 universitas, lima di antaranya masuk dalam rangking Top 100 WCU (World Class University). Taiwan menawarkan kesempatan besar bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di negaranya dengan berbagai beasiswa yang disediakan oleh  pemerintah Taiwan maupun masing-masing universitas, di antaranya Huayu Enrichment Scholarship, Ministry of Education (MOE) Taiwan Scholarship,  dan Academia Sinica. Pada tahun 2015, terdapat 4934 mahasiswa Indonesia, diharapkan jumlah ini terus meningkat.

Dewi Sartika,  Manajer Indonesia Taiwan Education Center di Surabaya,  berharap melalui acara ini dapat merekrut banyak mahasiswa Indonesia untuk datang dan belajar di Taiwan. “Sekolah di Taiwan itu lebih murah daripada sekolah di Jakarta,  banyak universitas di Taiwan yang ingin memiliki banyak mahasiswa asing sebab kualitasnya cukup bagus dan didukung oleh kementerian pendidikan Taiwan,”jelas Dewi.

Perihal pendidikan di Indonesia,  Dewi mengharapkan dengan datangnya alumni universitas Taiwan yang berasal dari Indonesia kemudian kembali ke Indonesia, mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, bukan hanya berdampak ke individual namun menyeluruh ke seluruh daerah di Indonesia.

Reporter: M13

BACA JUGA