Follow

Ten4 Squad, Kala Oppa dan Unnie ala Makassar Menari K-Pop

Editor: Sri Hadriana | Selasa, 23 Januari 2018 - 13:05 Wita | 147 Views
Ten4 Squad latihan di pelataran perpustakaan pusat (Foto: Dhirga Erlangga/identitas)

Apa yang kamu ingat jika menyebut Korea Selatan? Anak muda sekarang pasti langsung tertuju ingatannya pada drama Korea yang mengharu biru itu. Oppa dan Unnie seakan menghipnotis remaja Indonesia karena paras dan penampilannya yang keren dan cantik. Tapi bukan hanya artis filmnya tapi juga personel boyband seperti Super Junior (SUJU) dan Big Bang.

Mulai dari personel band hingga tariannya digandrungi. Salah satu gaya tarian yang diadaptasi dari Korea adalah dance cover. Dance cover semakin digandrungi di Indonesia, termasuk di Makassar.

Salah satu komunitas yang menyatukan para pecinta dance cover di Makassar adalah Ten4 Squad. Komunitas ini dibentuk oleh Dedy Yushari Jufri, yang memang sangat suka dengan dance ini.

“Kami menyalurkan hobi dance Kpop dan ingin memperlihatkannya di khalayak umum,” ujar Rafli Pratama, penanggung jawab komunitas ketika berbincang dengan Identitas via Whatsapp.

Ten4 Squd terbentuk pada tanggal 11 Desember 2013. Hingga saat ini aktif mengikuti berbagai festival, event, lomba hingga gathering demi menunjukkan eksistensi mereka sebagai salah satu dance cover Makassar. Awalnya, perkumpulan ini memiliki nama Un Know (UK) Crew yang berarti tidak ada anggota.

“Pergantian nama ini didasari karena kata UK Crew sudah kedengaran jadul. Yah kata Ten4 ini sebenarnya berasal dari bahasa Makassar yang berarti tidak ada. Awalnya UK Crew tapi diganti jadi Ten4 Squad karena nama yang lama sudah kedengaran jadul,” terang Raflin.

Raflin juga mengatakan salah satu visi dan misi dari komunitasnya adalah memberikan inspirasi kepada anak-anak muda penyuka Kpop terkhususnya dance cover yang ada di Makassar.

Hingga saat ini, member Ten4 Squad sudah berjumlah 35 orang yang direkrut melalui beberapa tahap audisi untuk melihat skill dance mereka.

“Syarat yang pertama harus punya skill dance, kemudian umur mereka minimal 16 tahun dan tentunya harus diizinkan oleh orang tuanya,” ujarnya.

Dari 35 orang anggota, mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri di Makassar, misalnya saja ada yang dari Unhas, UNM, UMI, STIMIK DIPANEGARA, bahkan adapula yang masih Sekolah Menengah Atas (SMA).

Diumurnya yang telah melewati 4 tahun ini, Ten4 Squad sudah punya cukup banyak prestasi. Misalnya saja mereka Juara I dance cover sing a song Honda yang digelar di Mall Ratu Indah (MaRi) Makassar. Tak hanya itu, mereka juga pernah menyabet Juara I dance competition Trans Auto Vaganza TSM dan masih banyak juara lainnya.

Nah pencapaian tersebut tak lepas dari kerja keras yang mereka lakukan. Biasanya mereka berlatih di pelataran perpustakaan pusat Unhas. Raflin berharap ke depannya Ten4 Squad tambah solid dan kompak dalam segala hal.

”Harapan saya ke depannya itu semoga Ten4 Squad tambah solid dan komnpak dalam segala hal,” ucapnya.

Reporter: Wandi Janwar

 

BACA JUGA