Follow

Unhas Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73

Editor: Khintan | Jumat, 01 Juni 2018 - 15:40 Wita | 103 Views
Foto: Istimewa

Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Unhas Tamalanrea.  Upacara tersebut dihadiri rektor, para wakil rektor, Majelis Wali Amanat (MWA), senat akademik, para dekan fakultas dan sekolah pascasarjana, dosen, tenaga kependidikan, satuan pengamanan kampus, dan mahasiswa.

Sekretaris Universitas, Prof Dr Ir Nasaruddin Salam, MT, bertugas sebagai pembina upacara dan membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dalam sambutan yang dibacakan Nasaruddin, Joko Widodo mengatakan sebagai bangsa Indonesia kita perlu mengingat kembali peranan para pendiri bangsa yang berasal dari berbagai kelompok, golongan, dan latar belakang yang dapat duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

“Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya, dikutip dari rilis berita yang ditulis Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman.

“Di akhir sambutannya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya, tutup Presiden Joko Widodo,”tulis Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman, dalam rilis yang diterima identitas, Jumat (1/6).

Menurut Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, peringatan Hari Lahir Pancasila memiliki makna penting untuk selalu mengingatkan seluruh masyarakat tentang nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila. “Akhir-akhir ini kita melihat ada semacam penurunan dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila di masyarakat.  Apalagi dengan makin maraknya isu radikalisasi yang menjurus pada terorisme,”kata Dwia, dikutip dari rilis berita yang ditulis Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman.

Lebih lanjut, dalam tulisan Ishaq, Dwia mengatakan hal tersebut dapat dicegah dengan selalu mengingatkan seluruh elemen bangsa bahwa kita memiliki nilai bersama yang mempersatukan, yaitu Pancasila. Usai upacara, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengadakan ramah-tamah dengan jajaran sivitas akademika Unhas.

Reporter: Khintan

BACA JUGA