Follow

13 Dosen dan Peneliti Unhas Masuk Daftar Terbaik Nasional versi SINTA

Editor: Wandi Janwar | Minggu, 31 Mei 2020 - 19:32 Wita | 429 Views
Istimewa

Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengumumkan 500 peneliti terbaik Indonesia berdasarkan Science and Technology Index (SINTA).  Platform ini merupakan inovasi sistem informasi iptek yang dikembangkan untuk mengukur kinerja individu, institusi, dan networking dari para peneliti, perekayasa, dan dosen yang ada di Indonesia.

Dari 500 daftar tersebut, sebanyak 13 dosen dan peneliti Universitas Hasanuddin juga masuk dalam list yang diumumkan melalui SINTA Series 1 Tahun 2020, Kamis (28/5).  Dua di antara dosen Unhas, yaitu Anwar Mallongi SKM MSc PhD dan Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc  bahkan berhasil mencatatkan diri pada peringkat 50 besar.

Pemeringkatan kinerja dosen dan peneliti Indonesia berdasarkan SINTA, dilakukan menggunakan formula penilaian kinerja peneliti yang memperhitungkan empat variable. Selain itu, hal yang dinilai juga berdasarkan karya dosen dalam tiga tahun terakhir.

Adapun empat variabel yang dimaksud adalah jumlah artikel terindeks Scopus dengan memperhitungkan quartil jurnal tempat publikasi, jumlah artikel non-jurnal terindeks di Scopus, jumlah sitasi di Scopus, dan jumlah sitasi di Google Scholar dan jumlah artikel di Jurnal Sinta 1-6.

Dilansir dari Media Indonesia pada Kamis (28/5), Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, para peneliti dan dosen yang masuk di dalam data Sinta merupakan SDM yang berkualitas dengan publikasi yang berkualitas pula.

“Mereka yang sudah masuk Sinta adalah peneliti atau dosen yang mempunyai publikasi internasional dalam skala yang cukup besar. Artinya, jumlah artikelnya banyak, kualifikasi jurnalnya tinggi, dan tingkat sitasinya pun tinggi,” kata Bambang.

Wandi Janwar

BACA JUGA