Follow

5 Hal Ini yang Menandakan Kamu Mahasiswa Baru atau Mahasiswa Lama

Editor: Sri Hadriana | Selasa, 16 Oktober 2018 - 22:00 Wita | 466 Views
Foto: identitas/Andi Ningsi

Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Tiap tahunnya, Setiap kampus menerima ratusan hingga ribuan Mahasiswa Baru (Maba), tak terkecuali Unhas.

Nah, bila ada mahasiswa baru, tentu ada pula mahasiswa lama. Mahasiswa lama ialah mereka yang telah menempuh pendidikan di kampus minimal dua semester atau satu tahun.

Dalam hal ini pastinya ada perbedaan yang mencolok antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama di Unhas. Mau tau apa perbedaan mencoloknya? Baca terus ya sampai habis.

  1. Pakaian

Foto: identitas/Andi Ningsi

Pakaian adalah hal yang paling mudah dilihat untuk membedakan antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Mahasiswa baru biasanya berpakaian lebih rapi, seperti memakai celana kain, kemeja, rok ataupun baju yang panjang. Bahkan beberapa Maba ada yang berpakaian hitam putih. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan mahasiswa lama yang lebih berani dalam hal berpakaian, seperti memakai celana jeans, kaos oblong, maupun jenis pakaian yang lebih berani lainnya.

  1. Rambut

Foto: identitas/Andi Ningsi

Setiap mahasiswa pasti memiliki selera potongan rambut yang berbeda. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk para Maba. Mahasiswa baru di Unhas diharuskan berpotongan rambut pendek atau lebih tepatnya cepak. Jadi bisa dirata-ratakan seseorang yang berambut cepak adalah Maba. Lain halnya dengan mahasiswa lama, kebanyakan  dari mereka lebih memilih memanjangkan rambutnya. Tetapi ada pula yang berpotongan rambut rapi, dan cepak.

  1. Atribut Khusus

Foto: identitas/Andi Ningsi

Atribut juga salah satu hal yang lebih memudahkan kalian membedakan mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Seperti biasa, banyak yang harus dituruti oleh para Maba. Termasuk diharuskan memakai atribut khusus. Di Unhas sendiri ada beberapa jenis atribut yaitu pin yang bertulisan nama fakultas, pita di lengan, dan ada juga yang berbentuk id card. Sedangkan untuk mahasiswa lama tidak ada atribut khusus yang harus dipakai. Enak bukan jadi mahasiswa lama?

  1. Tempat Nongkrong

Foto: identitas/Arisal

Tempat  nongkrong adalah salah satu hal yang penting bagi mahasiswa, baik yang baru maupun yang lama. Perpustakaan adalah tempat yang biasanya paling sering menjadi pilihan Maba untuk bercengkerama. Tentu berbeda dengan mahasiswa lama, biasanya mereka lebih memilih nongkrong di himpunan masing-masing atau tempat khusus lainnya.

  1. Tugas

Foto: identitas/Sri Hadriana

Tugas  juga bisa menjadi perbedaan yang mencolok antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Mahasiswa lama lebih tidak mengambil pusing permasalahan tugas bahkan mungkin ada yang membiarkan tugasnya berlarut-larut. Sementara, Maba biasanya lebih cepat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen.

Itulah beberapa perbedaan antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama yang paling mencolok. Kalian tentunya juga bisa menambahkan hal lainnya yang bisa membedakan antara kedua jenis mahasiswa itu. Semoga bermanfaat.

M13

BACA JUGA