Follow

5 Rekomendasi Kegiatan Positif di Waktu Libur Semester

Editor: Fitri Ramadhani | Jumat, 19 Juli 2019 - 08:32 Wita | 268 Views
travel.detik.com
Masa libur semester tentunya menjadi momen yang dinantikan bagi semua orang, khususnya para mahasiswa.  Apalagi selama satu semester kamu ditemani dengan buku, laporan, makalah, praktikum, dan berbagai tugas lainnya dari dosen. Walau terkadang, bila libur telah tiba apalagi dengan durasi yang cukup lama, biasanya kamu akan malas-malasan hingga akhirnya timbul rasa bosan. Kalau boleh ditebak nih , siklus kegiatanmu akan menjadi : bangun, mandi, makan,  bermain gawai, tidur, bangun lagi dan begitu seterusnya. (kadang kamu juga malas mandi kan? Hehehe)
Nah, daripada bosan ? Inilah waktunya menyegarkan tubuh kamu agar hari libur bermanfaat. Misalnya dengan mengisi masa liburanmu dengan berbagai kegiatan yang kamu sukai. Berikut Rekomendasi Kegiatan yang membuat libur semestermu bisa terisi dengan hal yang positif.
1. Kumpul Keluarga

idntimes.com

Kumpul bersama keluarga menjadi prioritas yang harus kamu lakukan. Apalagi bagi kamu mahasiswa perantau, tentunya tak tahan menahan rindu, inilah waktumu menghabiskan waktu bersama mereka. Banyak hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari bercerita bagaimana dinamika hidup di perantauan, berdiskusi ringan, ataupun sekedar menonton serial keluarga bersama. Semuanya akan terasa istimewa karena kamu tak pernah rasakan di tanah rantau. Nilai plus dari kumpul bersama keluarga adalah kamu bisa menikmati hidangan rumahan dengan resep andalan ibumu, dan tentunya gratis.
2. Bertamasya

tirto.id

Tentunya kamu kenal kan arti dari tamasya? Ya, tamasya adalah perjalanan untuk menikmati pemandangan, keindahan alam, dan sebagainya (KBBI). Daripada kamu terus berdiam diri di atas kasur mending bertamasya sambil berpetualang bersama para sahabat. Bisa pula ke tempat wisata keluarga. Selain menyegarkan pikiran dari kepenatan, hal ini akan memperat hubungan silaturahmi.
3. Menekuni Hobi

dream.co.id

Setiap manusia mempunyai hobinya masing-masing, ada yang senang memasak, bernyanyi, menulis, olahraga dan sebagainya.
Cobalah mengasah dan menekuni hobimu itu. Siapa tahu hobimu itu bisa menjadi sumber pemasukan bagimu bahkan menjadi pekerjaan mu di masa depan.
5. Mengikuti Lomba

dki-indonesiabermutu.org

 
Meskipun kampusmu libur, bukan berarti ajang perlombaan tak ikut libur dong. Di zaman yang serba mudah ini, kamu bisa banyak mendapatkan informasi lomba yang sesuai dengan minatmu. Mulai dari surat kabar, Instagram, Facebook, ataupun media lainnya.  Dan tentunya dengan ragam lomba yang banyak. Kamu tinggal pilih tuh, jangan pikirkan menang kalah, anggap saja ini untuk menambah pengalamanmu. Nah, jikalau menang, lumayan kan hadiahnya apalagi kalau ada uang tunai, bisa menambah uang jajan atau ditabung.
5. Menyiapkan diri menyongsong semester berikutnya

romadecade.org

Selain, beberapa hal di atas, kamu bisa manfaatkan masa libur untuk mempersiapkan diri di semester selanjutnya. Apalagi kalau nilaimu tak cukup memuaskan di semester sebelumnya. Mulai dari mengulas materi kuliah yang akan berlanjut di semester selanjutnya dan tentunya belajar materi yang akan datang. Dengan begitu kamu akan siap menjalani perkulihan nantinya dengan harapan nilai meroket yah. Hehehe.
Ingat ya, liburan semester bukan alasan untuk bermalas-malasan. Apalagi untuk menghindari kegiatan yang positif. Dari rekomendasi di atas, sudah tahu belum kegiatan mana yang akan kamu lakuka? Kalau sudah, langsung lakukan ya, jangan ditunda – tunda. Entar malah waktu liburnya habis deh.
Hafis Dwi Fernando

BACA JUGA