5 Tempat Diskusi Terfavorit di Unhas

Memasuki perkuliahan pasti kangen berkumpul bersama teman di kampus. Di Universitas Hasanuddin terdapat 35 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), 16 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan terbagi lagi atas beberapa himpunan dan UKM dibawah pengawasan BEM Fakultas.

Dengan jumlah lembaga mahasiswa yang begitu banyak, tentu banyak kegiatan yang diselenggarakan setiap harinya. Entah itu diskusi buku atau rapat untuk merancang kegiatan berdasarkan program kerja. Berbicara mengenai diskusi atau rapat, pastinya membutuhkan tempat untuk membuat forum yang nyaman dan bisa menampung banyak peserta. Di Unhas sendiri sangat banyak ruang terbuka yang dapat dijadikan tempat berdiskusi, tempat-tempat itu dapat ditemukan hampir di setiap sudut kampus.

Diantara sekian banyak tempat diskusi, ternyata ada beberapa tempat yang menjadi langganan mahasiswa. Saking populernya tempat diskusi ini, tempatnya nyaris tidak pernah terlihat sepi. Kalian penasaran dimana saja tempat favorit itu? Berikut kami sajikan lima daftarnya :

Taman Teras Unhas

Foto: Santi Kartini/Identitas

Tepat yang pertama ini pasti tidak asing lagi di telinga kita. Yup! Taman yang biasa disebut Taman Teras Unhas ini berada  di Pintu Satu Unhas. Pada sore hari, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh mahasiswa dan pengunjung dari luar. Selain menjadi tempat tongkrongan dan berpose ria, tempat ini juga sangat cocok untuk berdiskusi santai sembari menikmati ademnya pepohonan.

Jika kalian membutuhkan tempat outdoor yang nyaman untuk diskusi atau sekadar mengerjakan tugas, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas, Ardianti. Selain untuk mengerjakan tugas, Ia juga terkadang mendatangi tempat ini untuk berdiskusi bersama temannya. Menurut Ardianti, suasana adem yang ditawarkan di taman tersebut menjadikannya betah berlama-lama berada di sana. Sayangnya, tempat ini bukan pilihan yang tepat ketika hujan turun.

Lantai Dasar Gedung Ipteks

https://inovasidankewirausahaanunhas.blogspot.com

Tidak jauh dari lokasi pertama, tempat kedua berada di belakang Gedung Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Unhas, yaitu Gedung Ipteks. Meskipun letaknya sedikit terpencil, namun gedung tersebut selalu ramai digunakan oleh mahasiswa.

Tempat ini cukup luas sangat cocok untuk berdiskusi baik dalam forum yang kecil, maupun forum yang besar. Ketika mengunjungi tempat ini, kita akan mendapati beberapa forum diskusi kecil yang berasal dari berbagai lembaga, baik lembaga dalam kampus maupun dari luar kampus.

Taman Pacasajana

Foto: Santi Kartini/Identitas

Terletak di depan Kandang Rusa, tempat ini tak kalah ramennya dengan tempat pertama dan kedua. Taman ini dikelilingi pepohonan besar, dan terdapat gazebo dan beton melingar untuk berdiskusi. Tempat ini paling sering dikunjungi oleh mahasiswa agrokomplek, yaitu: Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dan Fakultas Kehutanan.

Adnur Cahyu Fatima, Mahasiswa Fakultas Perikanan mengatakan, untuk diskusi dan menerima materi disini sangat nyaman dan tidak membosankan. “Disini sangat nyaman dan tidak membosankan, nyaman terima materi, berbeda dengan di dalam kelas,” terangnya (9/2).

Pelataran Baruga AP Petterani

Foto: identitas/Santi Kartini

Gedung yang digunakan sebagai tempat pelepasan mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikanya, ternyata juga  nyaman digunakan sebagai tempat diskusi. Bukan di auditoriumnya, melainkan di pelataran.

Tempat ini paling sering digunakan oleh mahasiswa Sosial Politik (Sospol). Maklum saja, jaraknya begitu dekat dengan sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa atau Himpunan mahasiswa. Ketua Himpunan Ilmu Politik, Musran, mengatakan tempat tersebut cukup efektif untuk duduk melingkar, apalagi masa pengaderan seperti sekarang. Selain itu, tempat ini tetap aman digunakan meski hujan.

Ampliteater

https://radarselatan.fajar.co.id

Tak ketinggalan nih, walaupun jauh dari pusat pendidikan Unhas, Fakultas yang berada di Kabupaten Gowa juga memiliki tempat diskusi, yaitu di Ampliteater. Tempat yang berada di depan Gedung Arsitektur dan Class Room ini juga sering dijadikan tempat menyambut mahasiwa baru. Hasrudin, Mahasiswa Teknik Perkapalan, mengatakan tempat ini nyaman digunakan sebagai tempat diskusi karena terdapat banyak pohon yang rindang dan bunga yang tertata rapi.

Santi Kartini

No comments

LEAVE A COMMENT