Follow

Alumnus FMIPA Unhas Bagi Kisah Kuliah di Jepang

Editor: Wandi Janwar | Minggu, 28 Juni 2020 - 13:56 Wita | 52 Views
Tangkapan layar

Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (Aptikom) dan Dayadata.lobs, menyelenggarakan webinar bertajuk “Pursue Your IT Degree in Japan“. Kegiatan ini mengangkat tema “Peluang, Tantangan dan Asyiknya Kuliah di Jepang”, secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube, Sabtu (27/06).

Hadir 11 pembicara yang merupakan alumni FMIPA Unhas, di antaranya: Dr Eng Sulfayanti S Si MT (alumni program doktor dari Okayama Pref Univ, bidang Artificial Intelegence & Deep Learning), Ichsan Charismawan SSi MEng, (doktor di Kyushu Institute of Technology, bidang bioinformatika), Rima Ruktiari SSi MEng (alumni Program Master di Waseda University, bidang data mining), Nur Nilamyani SSi (Program Magister di Kyushu Institute of Technology, bidang bioinformatika).

Mengawali kegiatan, Dekan FMIPA Unhas, Dr Eng Amiruddin, menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini. Dirinya berharap acara tersebut meningkatkan minat mahasiswa Unhas untuk melanjutkan pendidikan di Jepang maupun luar negeri lainnya.

“Ini kegiatan yang kedua kali diselenggarakan. Sebelumnya membahas tentang mahasiswa bidikmisi yang melanjutkan kuliah dengan bantuan LPDP, dan sekarang kita buat lagi dengan topik berbeda. Tujuannya agar memotivasi mahasiswa untuk terus mengembangkan ilmu, terutama bagi mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan di Jepang,” jelas Amiruddin.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Unhas, Prof Dr Ir Muh. Restu MP. Dalam sambutannya, Prof Restu menguraikan pentingnya acara seperti ini.

“Ini sangat baik untuk memberikan gambaran bagi yang ingin kuliah di Jepang, baik itu terkait budayanya, proses kuliah dan cara hidup di sana dari para alumni yang memang sudah merasakan langsung. Saya kira Jepang merupakan negara destinasi pilihan untuk melanjutkan pendidikan karena perkembangan teknologi dan sumber dayanya,” jelas Prof Restu.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas, Prof dr Muh. Nasrum Massi PhD, mengingatkan kepada para alumni maupun mahasiswa Unhas yang saat ini menempuh pendidikan di Jepang agar menjaga nama baik Unhas. Saat ini Unhas tengah berupaya meningkatkan posisi World Class University (WCU) yang membutuhkan peran serta alumni.

“Unhas kita targetkan masuk ranking 1000 dalam WCU. Target penilaiannya termasuk reputasi akademik, hingga kolaborasi penelitian. Banyaknya mahasiswa Unhas di Jepang bisa membantu, utamanya untuk dosen agar setelah menyelesaikan kuliahnya bisa membawa publikasi dan untuk mahasiswa agar meningkatkan sitasi,” jelas Prof Nasrum.

Wandi Janwar

BACA JUGA