Follow

Anggota Muda Siaga Ners Siap Jadi Medical First Responder

Editor: hafis fernando | Selasa, 07 Januari 2020 - 16:23 Wita | 266 Views
Dokumentasi Pribadi

Squad Of Disaster and Emergency Assistance Ners Himpunan Mahasiswa Keperawatan Fakultas Keperawatan (Siaga Ners Himika FKep UH), bekerja sama dengan Public Safety Center 911 Makassar mengadakan Medical First Responder (MFR). Kegiatan yang mengangkat tema “Everyone is a life saver” ini bertempat di lantai 2 Public Safety Center Makassar, Kamis-Sabtu (2-4/1).

Ketua Panitia, Hikmah Abidin menjelaskan, kegiatan MFR dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan skill kepada anggota muda Siaga Ners agar mereka memiliki kemampuan dalam menolong orang kapan pun dan di mana pun.

Dalam kegiatan tahunan ini, para anggota muda Siaga Ners dibekali pengetahuan dan skill mengenai kegawat daruratan.

“Hari pertama dibuka dengan materi-materi yang berhubungan dengan gawat darurat, dilanjutkan dengan pelatihan skill dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE),”ujar Hikmah.

Hikmah menambahkan, OSCE bertujuan menguji kemampuan dan pemahaman peserta selama mengikuti MFR. Tak hanya itu, tahun ini OSCE terdiri dari dua stase, pertama berisi Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan kedua berisi Initial assassement.

Di akhir kegiatan, semua peserta yang berpartisipasi dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat berupa lisensi untuk memberikan pertolongan pertama. Pihak penyelenggara berharap peserta MFR dapat bermanfaat ketika ada yang sedang membutuhkan pertolongan medis dan dapat membagikan ilmu yang telah mereka dapat.

M001

BACA JUGA