Follow

Association of Diving School Indonesia Sosialisasikan Cara Cepat Mengenal Jenis Karang

Editor: Khintan | Kamis, 24 Mei 2018 - 20:09 Wita | 219 Views
Foto: Istimewa

Association of Diving School Indonesia (ADS) menggelar Pelatihan Kiat Cepat Mengenal Nama Jenis Coral di Ruang Rapat Senat FIKP Unhas. Pemateri yang hadir merupakan Dosen Ilmu Kelautan Unhas, Dr Syafyudin Yusuf ST M Si. Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan selama tiga hari yakni 24-26 Mei 2018.

Peserta yang menghadiri acara itu berasal dari Sekolah Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone, Universitas Muslim Indonesia (UMI), Sekolah Tinggi Pertanian Sinjai, dan Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unhas.

Rangkaian acara pada hari Kamis (24/5) yakni pembukaan, pengantar terumbu karang, dan diakhiri kunjungan Lab Coral Center dalam rangka memperkenalkan jenis specimen kering. Sedangkan agenda untuk hari Jumat (25/5) dan Sabtu (26/5) ialah latihan identifikasi coral. Kemudian seluruh rangkaian acara tersebut akan ditutup oleh Prof Jamaluddin Jompa, PhD.

Selanjutnya, Dr Syafyudin Yusuf ST M Si mengatakan pelatihan ini diadakan karena adanya kesulitan yang dirasakan mahasiswa untuk mengidentifikasi jenis karang. Sebab terdapat sekitar enam ratus spesies karang yang harus dihapal namun hanya 82 jenis karang yang akan dipelajari. Untuk itu, acara tersebut bisa dikatakan sebagai kursus mengidentifikasi karang menggunakan metode Finder.

“Metode Finder ialah bentuk penyederhanaan karang yang sekian ratus spesies itu, ini bisa disederhanakan supaya sivitas akademika yang mau menggeluti bidang ini tidak takut untuk menghapal sekitar enam ratus spesies,”kata Pakar Koralogi Unhas yang kerap disapa Ipul ini, Kamis (24/5).

Ia berharap agar peserta mampu menyerap materi kemudian mampu mengenal jenis-jenis koran sebesar 30 persen, selanjutnya 60 persennya mereka pelajari sendiri. Kemudian dari bekal ilmu ini mereka dapat mengidentifikasi dan mencatat jenis-jenis karang apa saja yang ada di tempat mereka masing-masing.

Ketua Panitia, Muhammad Bahri pun berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, mereka mampu mengidentifikasi karang dengan waktu singkat dan dapat mengumpulkan data yang akurat.

Reporter: M05

BACA JUGA