Follow

Bahas Revolusi Industri 4.0, Menkominfo: Saya Berharap Mahasiswa Bisa Mengamati Perubahan

Editor: Khintan | Sabtu, 22 September 2018 - 15:13 Wita | 156 Views
Foto: Madeline Yudith/Identitas.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, S Stat, MBA, hadir sebagai pembicara dalam orasi ilmiah bertema “Inovasi di Era Industri 4.0 “. Kegiatan itu berlangsung di Auditorium Prof A Amiruddin Fakultas Kedokteran Unhas, Sabtu (22/9).

Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu MA menyatakan senang atas kehadiran sang menteri. “Pak Rudiantara ini sudah beberapa hari keliling beberapa kota mengisi orasi ilmiah industri 4.0,”ucap Dwia saat menyampaikan sambutannya.

Selanjutnya, Rudiantara membuka orasi ilmiah dengan menceritakan secara detail bagaimana perkembangan industri dimulai dari industri 1.0 hingga 4.0 hari ini. Ia juga memaparkan bahwa sudah ada ratusan perusahaan start-up yang menjamur di Indonesia. Hal itu merupakan bagian dari inovasi industri di era 4.0, di antaranya gojek, tokopedia,  dan bukalapak.

“Perusahaan yang tidak bergantung dengan aset,  memiliki kesempatan lebih besar untuk berkembang pesat,”terang Rudiantara.

Menteri lulusan Universitas Padjajaran ini menyebut Gojek sebagai salah satu perusahaan start-up sukses tanpa aset. Dengan mengangkat fakta bahwa pada tahun 2010, gojek hanya memiliki 20 pengemudi kemudian setelah berjalan 7 tahun lebih, telah ada jutaan pengemudi gojek di seluruh Indonesia.

Oleh sebab itu, ia mengajak mahasiswa menjadi kreatif. “Saya berharap mahasiswa sudah bisa mengamati perubahan dari sekarang, setelah lulus tidak pusing lagi cari lowongan pekerjaan, tapi sudah siap menjadi entrepreneur atau technopreneur,“tutupnya.

Madeline Yudith

BACA JUGA