BEM FH Bagi Tips jadi Mahasiswa Berprestasi

identitasunhas.com,-Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (BEM FH Unhas) menyelenggarakan Kelas Kajian Kaderisasi via Zoom Meeting, Kamis (17/9). Kegiatan mengusung tema “Menjadi Mahasiswa Berprestasi.”

Dimoderatori Staff Kementrian Kaderisasi BEM FH-UH, Deamitri Nadia Toding. Adapun pemateri menghadirkan Wisudawan Berprestasi FH-UH 2020, Muliana Mursalim SH dan Wakil Menteri Kaderisasi BEM FH-UH, M Fadly Ridwan. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa FH Unhas.

Dalam sesinya, Muliana Mursalim bercerita saat dirinya melakukan penjelajahan selama kuliah. Ia mengatakan harus memahami potensi diri, menentukan visi dan misi, membuat road map mimpi, meningkatkan kepo dan merendahkan ego, serta shalawat dan doa ibu.

“Karena manusia hanya bisa mempersiapkan rencana sebaik mungkin selanjutnya kekuatan doa yang berkehendak,” kata Muliana Mursalim.

Ia pun membagi tips untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi. “Prinsip menumbuhkan prestasi hidup yang hebat berawal dari kemampuan untuk menemukan dan mengasah potensi unik dari diri kita sehingga menjadi ahli,” ungkapnya.

Putri Pendidikan Sulbar 2019 ini juga menuturkan cara sukses dalam bidang akademik dan kompetisi dengan mampu mengatur waktu yang baik, mampu menentukan tujuan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan, serta menghilangkan kebiasaan kebut semalam.

“Juga harus mampu membedakan dan membuat daftar kegiatan seperti penting mendesak, penting tidak mendesak, tidak penting mendesak, dan tidak penting tidak mendesak,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, M Fadly Ridwan menjelaskan kompetisi adalah sebuah ruang untuk mencari eksistensi diri, mendapat pengakuan diri, dan meupgrade diri. “Dengan berprestasi seseorang dengan mudah mengenal kita. Karena respect itu tidak diminta, tapi didapatkan,” Kata Duta GenRe Indonesia 2019 ini.

“Seseorang tidak harus pintar, tapi harus mampu mengumpulkan orang cerdas disekitarnya,” katanya.

Fadly juga mengatakan ada dua pertimbangan untuk menjadi mahasiswa berprestasi yaitu fokus pada apa yang dinilai dan diminta serta kenali kelebihan dan kekurangan diri.

“Karena sekecil apapun langkah yang diambil hari ini, akan menentukan seberapa besar kemajuan diri di hari esok,” tutupnya.

M124

Share Post
No comments

LEAVE A COMMENT