Pentingnya Karakter Juara bagi Mahasiswa

identitasunhas.com,-Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi Universitas Hasanuddin (IKAB Unhas) mengadakan Bina Dasar Kepemimpinan (BIDAK), Minggu (27/9). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan IKAB Unhas untuk melatih kepemimpinan mahasiswa penerima Bidikmisi.

Kali ini mengusung tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter di Masa Covid-19.” Sekitar pukul 09.00 Wita, acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg A Arsunan Arsin M Kes. Meskipun diadakan melalui aplikasi Zoom, partisipan mencapai 700 orang.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang terbagi dalam empat sesi. Sesi pertama dipandu oleh Muhammad Riswan Jamal dan Muh. Hambali S E sebagai pemateri. Hambali menjelaskan karakter seseorang sangatlah menentukan kesuksesannya. Oleh karena itu, kata Hambali sangat penting untuk membentuk karakter juara bagi mahasiswa.

“Pertama, yaitu harus dibangunnya kesadaran bahwa kita manusia pilihan yang sangat spesial. Selain itu, kita perlu menentukan mimpi yang besar,” paparnya.

Ia melanjutkan, orang yang memiliki mimpi dan terget yang besar akan mudah meliat peluang besar dan tentu mudah melihat jalan untuk mewujudkannya. “Memiliki mimpi yang besar dapat menjadi motivasi,” katanya.

“Selain itu, menjadi mahasiswa yang produktif juga dapat dicapai dengan menjadi lebih aktif melakukan kegiatan positif dibandingkan membuang waktu dengan kegiatan yang tak bermanfaat. Motivasi emosional dan ridho dari orang tua  juga sangat berpengaruh,” lanjut Hambali.

Di akhir kesempatanya, Hambali menyampaikan mahasiswa harus sadar Ia sebagai sang juara yang memiliki mimpi besar. “Dan bagaimana kemudian kita dapat meraih mimpi tersebut,” tutupnya.

M108

No comments

LEAVE A COMMENT