Follow

Berdayakan Perempuan Desa dengan Abon Ikan

Editor: Fitri Ramadhani | Jumat, 12 Juli 2019 - 21:36 Wita | 134 Views
Dokumentasi pribadi

KKN Reguler Unhas Gelombang 102 Desa Mallusetasi, Kecamatan Sibulue bekerjasama dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Mallusetasi adakan pelatihan membuat abon ikan di Aula Desa Mallusetasi. Jum’at (12/06/19).

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja (proker) individu di posko 8 Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone. Penanggung jawab proker tersebut ialah Ayu Lestari, Mahasiswa Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Tujuan utama kegiatan tersebut sebagai bentuk edukasi kepada perempuan desa dalam membantu tiang perekonomian keluarga, serta memanfaatkan potensi perikanan desanya. “Saya miris melihat ibu-ibu hanya nongkrong setelah membersihkan rumah dan melayani keluarganya, tanpa melakukan kegiatan yang lebih produktif,” kata Ayu, Penggagas proker pemberdayaan perempuan desa, Jum’at (12/06).

Pelatihan ini diikuti oleh sejumlah perempuan desa di setiap dusun yang ada di Mallusetasi. Dalam pembuatan abon ikan bandeng, partisipan (perempuan desa) dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan dusun masing-masing. Setiap kelompok yang ikut, membawa peralatan dan bahan sendiri.

Pembuatan abon ikan bandeng dimulai sekitar pukul 14.30 WITA sampai jam empat sore. Setelah proses pembuatan abon ikannya selesai, dilanjutkan dengan makan bersama warga dan perangkat desa. Kegiatan ini lalu ditutup dengan foto bersama perempuan desa dan mahasiswa KKN reguler Unhas gelombang 102 Desa Mallusetasi.

“Saya berharap, setelah pelatihan pembuatan abon ikan bandeng ini selesai, PKK bisa menggandeng perempuan desa dalam membantu kesejahteraan rumah tangganya,” pungkas Ayu.

 

Citizen Reporter : Ayu Lestari,
Mahasiwa Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan Unhas,

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan,
Peserta KKN Reguler Unhas gelombang 102 Kabupaten Bone.

BACA JUGA