Follow

Bingung Menata Kamar Kos ? Lakukan 6 Trik Sederhana Ini Agar Rapi dan Bersih

Editor: Fitri Ramadhani | Sabtu, 27 Juli 2019 - 08:14 Wita | 1005 Views
Foto : finansialku.com

Mahasiswa dan para perantau pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kos-kosan. Ruang kos biasanya terdiri dari satu kamar dengan bayaran uang sewa tiap bulannya. Biasanya, karena tinggal sendiri dan jauh dari keluarga, kebanyakan anak kos-kosan memiliki kamar yang berantakan alias sangat tidak rapi. Bahkan tidak jarang kita temui kamar kos dengan barang berserakan dimana-mana. Alasannya? Tentu saja karena kesibukan yang padat menjadikan kita malas menata dan membersihkan kamar kos. Apalagi kita tinggal sendiri tanpa ada kerabat, jadi tidak ada yang mengingatkan. Padahal, kamar kos yang rapi dan bersih sangat nyaman untuk dihuni, dengan keadaan penat setelah seharian beraktivitas di luar. Tidak susah kok menata dan membersihkan kamar kos. Kamu bisa mengikuti 5 trik sederhana ini agar kamar kos terlihat rapi dan bersih berikut.

1. Manfaatkan kolong tempat tidur untuk menyimpan barang

Foto: Pinterest.com

Cara ini dapat kamu lakukan apabila kamu memiliki kasur yang agak tinggi dan terdapat ruang kosong di bagian bawah kasur. Ruang kosong tersebut dapat kamu manfaatkan dengan menjadikannya sebagai tempat penyimpanan barang yang tidak sering kamu pakai, seperti kardus ataupun buku-buku yang sudah tidak kamu gunakan.

2, Memanfaatkan kardus-kardus kosong

Foto: Pinterest.com

Kamu dapat memanfaatkan kardus-kardus kosong untuk menyimpan jenis barang yang berbeda secara terpisah. Hal ini bertujuan menghindari kesan kamar yang terlihat seperti kapal pecah. Untuk memperindah tampilannya, kardus tersebut dapat kamu bungkus terlebih dahulu menggunakan bungkus kado dengan motif yang lucu agar kamar kos kamu terlihat lebih menarik.

3. Menata meja belajar

Foto: Pinterest.com

Kerapian meja belajar adalah poin penting agar kamarmu enak dipandang. Tata meja belajarmu dengan menyimpan alat tulis sesuai kategori, misalnya pensil disimpan pada tempat pensil, begitupun dengan pulpen dan spidol. Selain itu kamu juga dapat menggunakan barang barang bekas seperti kaleng bekas yang dibungkus dengan bungkus kado untuk tempat pensil mu. Hal lainnya yaitu, tata buku-buku kamu dengan memperhatikan ukuran dari yang terbesar hingga yang terkecil agar terlihat rapi di meja belajar.

4. Gunakan Lampu tumblr dan wallpaper dinding sebagai dekorasi

Foto: Pinterest.com

Selain membuat kamarmu terlihat lebih terang, lampu tumblr yang tergantung di dinding dapat menambah kesan nyaman pada kamar. Biasanya lampu tumblr dipasang pada bagian langit-langit kamar, di jendela atau tembok kamar. Lampu tumblr membuat kamar kamu berkesan lebih romantis apalagi jika didekorasi dengan foto disekelilingnya. Dekorasi lainnya yaitu menggunakan wallpaper dinding untuk memperindah, kamu tidak perlu memberi wallpaper pada semua dinding kamar kamu, cukup di bagian atas tempat tidur atau di dinding meja belajar serta dibagian yang kamu inginkan.

5. Gunakan Penjepit Kertas Untuk merapikan kabel

Foto: Pinterest.com

Canggihnya teknologi yang digunakan saat ini, membuat kita tidak lepas dari gadget, handphone dan laptop. Kabel yang berserakan membuat kamar terkesan berantakan. Solusinya adalah kamu dapat menggunakan penjepit kertas untuk menata kabel-kabel cas agar kamar kosmu terlihat lebih rapi.

6. Menggunakan gantungan baju

Foto: Pinterest.com

Karena padatnya kesibukan, biasanya melipat pakaian adalah hal yang paling berat dilakukan apalagi jika kita biasanya pergi dengan terburu-buru. Hal ini dapat kita hindari dengan menggantung pakaian untuk bepergian seperti jilbab kemaja dan sebagainya serta melipat pakaian yang sehari-hari dipakai. Menggantung pakaian dapat mempermudah kamu menemukan baju yang inginĀ  dipakai serta membuat kamar terlihat lebih bersih. Kamu juga tidak perlu repot-repot melipatnya kembali, cukup dihanger saja dan kembalikan ke gantungan.

Itulah 5 trik sederhana yang dapat membuat kamar kos kamu terlihat lebih rapi, bersih dan nyaman untuk ditempati. Jangan lupa untuk rajin membersihkan kamar kamu setiap hari, dijamin kamu akan merasa betah dan nyaman tinggal di kosan. Ternyata tidak perlu biaya mahal untuk kos yang mewah. Meskipun sendiri dan jauh dari keluarga juga disela-sela kesibukan yang padat kamu masih bisa membuat ruanganmu tertata, bukan?

M06

BACA JUGA