Follow

Cara Lain Mahasiswa Unhas Mengabdikan Diri

Editor: Wandi Janwar | Senin, 10 Juni 2019 - 18:30 Wita | 619 Views
Dokumentasi Pribadi

Memiliki kepedulian terhadap masyarakat, membuat lima mahasiswa Unhas mengabdi di Pulau Pandangan, Kabupaten Pangkep. Hal tersebut mereka lakukan karena daerah itu masih sangat memerlukan perhatian pemerintah khususnya di bidang kesehatan.

Kelima mahasiswa ini yakni, Febriansyah Muh Ashar sebagai ketua tim, dan Ansyari Muis, Junaidy Tahir, Amanda Christy BS, serta Andhika Putra selaku anggotanya. Di bawah bimbingan Dr dr Rina Masadah SpPA(K) MPhil DFM, mereka berhasil didanai oleh Kemenristekdikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Febry sapaan akrabnya mengatakan, PKM ini menunjukan, masih banyak daerah yang memerlukan perhatian dari pemerintah, serta butuh bantuan dan dukungan dari orang lain.

“Pulau tersebut memilki masalah mengenai informasi yang sulit untuk di akses. Selain itu, tempatnya pun susah dijangkau karena perjalanan menuju ke sana, harus menggunakan perahu kecil dan memerlukan waktu sekitar 5-7 jam perjalanan,” ungkapnya.

“Dari masalah tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa di sana. Sehingga menyebabkan rendahnya pengetahuan, khusunya mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yang sejatinya sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat,” tambah Febry.

Dokumentasi Pribadi

Saat turun ke lapangan, kelima mahasiswa tersebut melakukan Program Ayo Baca Cerita Dongeng (ABCD) di SDN 22 Pulau Pandangan. Hal itu mereka lakukan sebagai upaya untuk membentuk karakter pelajar yang paham mengenai PHBS.

“Kami membuat sebuah cerita dongeng dengan karakter yang original buatan kami sendiri. Di mana berisi tentang cara Peduli Hidup Bersih dan Sehat. Di sini kami bawakan secara menarik dan mudah untuk dipahami anak- anak, sehingga mereka tertarik dan paham mengani PHBS,” tuturnya.

Lebih lanjut Febry menjelaskan, alasan mereka mengabdi di Pulau Pandangan yakni untuk memperbaiki generasi Indonesia ke depannya.

“Alasan pengabdian ini dilakukan terhadap anak-anak adalah demi memperbaiki generasi ke depannya, sehingga mereka juga akan mengajari generasi berikutnya,“ ucapnya.

Tak hanya  itu, bagi para dermawan dan masyarakat yang peduli akan hal tersebut, tim PKM ini menerima bantuan untuk anak- anak di Pulau Pandangan. Untuk informasi lengkapnya, kalian bisa buka akun Instagram mereka (@pulau_literasi).

Wandi Janwar

BACA JUGA