Follow

Citizen Reporter: KKN Bakti Negara Unhas Rehabilitasi Masjid

Editor: Khintan | Rabu, 11 Juli 2018 - 15:55 Wita | 349 Views
Foto: Istimewa

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bakti Negara Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan masyarakat setempat mulai melaksanakan Rehabilitasi Masjid di Desa Lalosingi, Kecamatan Lalolae, Rabu (11/7). Rencananya, kegiatan ini akan dilakukan selama satu bulan ke depan.

Rehabilitasi masjid dikerjakan oleh 44 orang dengan rincina TNI Komando Distrik Militer 1412 Kolaka sembilan orang, TNI Angkatan Laut satu orang, TNI Angkatan Udara dua orang, TNI Yonif 725 Woroagi sembilan orang, mahasiswa KKN Unhas delapan orang dan masyarakat 15 orang.

Salah seorang warga Lalosingi, H. Masude’ mengaku sangat bersyukur atas kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) – 102. Disela-sela pengerjaan masjid, Masude’ banyak bercerita tentang awal mula didirikannya Masjid Nurul Yaqin.

“Seingat saya masjid ini dibangun pertama kali tahun 80-an oleh TNI. Saya masih ingat waktu itu, daerah Lalosingi masih amat baru dan menjadi daerah Transmigrasi,”katanya.

Setali tiga uang, diadakannya perbaikan terhadap masjid membuat Imam Desa Lalosingi, Abdul Rahman R ikut bernostalgia. Ia sepakat dengan yang disampaikan H Masude’, dan menambahkan di awal tahun dua ribuan, masjid kembali diperluas dengan swadaya masyarakat.

“Waktu itu, masyarakat sudah banyak sementara masjid sempit walaupun ada satu musala di desa tapi tidak mampu lagi menampung jamaah. Sehingga masyarakat berinisiatif untuk memperluas masjid supaya bisa menampung jamaah terutama saat hari raya umat Islam.”tambahnya.

Selain rehabilitasi Masjid di Desa Lalosingi, masih ada empat sasaran TMMD di empat lokasi berbeda. Rehabilitasi Masjid di Desa Talodo, Rehabilitasi Gereja di Desa Kesio, Pembukaan badan jalan di Desa Wesalo dan Rehabilitasi Masjid dan Tribun Lapangan di Kelurahan Lalolae, Kecamatan Lalolae.

Mahasiswa KKN Unhas yang ikut terlibat dalam TMMD ini berharap agar kedepannya, kerjasama antara TNI dan Unhas tetap terjalin. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain kegiatan fisik, tentunya masih ada kegiatan nonfisik berupa penyuluhan bagi masyarakat sebagai bagian dari program TMMD,”ucap Koordinator Desa KKN, Muhammad Abdul.

Penulis: Muhammad Abdul

BACA JUGA