Follow

Dana UKT Semester Satu Belum Cair, Mahasiswa Bidikmisi 2018 Resah

Editor: Wandi Janwar | Selasa, 17 Desember 2019 - 17:23 Wita | 115 Views
Istimewa

Bantuan Pendidikan Miskin Berprestasi (Bidik Misi) bagi mahasiswa kurang mampu dan memiliki potensi akademik di Universitas Hasanuddin (Unhas) kini kembali bermasalah. Para mahasiswa Unhas angkatan 2018 dari berbagai fakultas yang merupakan penerima bidikmisi mengeluh. Tidak lain dan tidak bukan dikarenakan perihal tidak cairnya dana Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester pertama seperti yang telah dijanjikan.

“Pengumuman penerima bidikmisi tahun lalu itu bertahap, ada gelombang satu, dua, dan tiga. Setahu saya, hanya mahasiswa gelombang pertama yang telah menerimanya. Sementara gelombang kedua dan tiga belum menerima dana tersebut. Namun meski saya adalah mahasiswa penerima bidikmisi gelombang pertama, saya belum menerimanya,” ujar Wildawati, mahasiswi Fakultas MIPA Unhas 2018,  Rabu (4/12).

Ungkapan serupa dilontarkan oleh Andi Umaymah, mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas. Ia menegaskan bahwa dirinya belum menerima bantuan dana.

“Sampai saat ini, saya belum pernah menerimanya,” ujarnya pada Selasa (3/12).

Namun, hal tersebut tidak dirasakan Nurlela, mahasiswi Fakultas Pertanian Unhas 2018. Sebagai penerima bantuan dana pendidikan gelombang pertama, ia telah menerima UKT tersebut.

“Menurut info yang saya dapatkan dari beberapa teman di fakultas, pengumuman penerima bidikmisi dibagi menjadi tiga gelombang. Setahu saya, hanya mahasiswa gelombang pertama yang telah menerimanya. Saya adalah buktinya. Sebagai mahasiswa penerima bidikmisi gelombang pertama, saya telah menerimanya,” terangnya.

Berbagai keresahan itu menimbulkan tanda tanya. Hal itu dibuktikan oleh berbagai keluhan yang ada, bahkan beberapa di antaranya mengunjungi Sampara ST MM selaku Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Unhas untuk mendapatkan jawabannya.

“Ada beberapa mahasiswa yang datang bertanya sembari membawa buku rekeningnya. Ternyata, dana tersebut sudah tersalurkan karena ada bukti transfer yg tergabung rupiahnya. Contohnya, terdapat bukti transfer sebanyak delapan juta keatas sebagai gabungan dengan biaya lainnya. Anak-anak mahasiswa tidak tahu kalo itu sudah menjadi bagian dari dana UKT semester satu mereka,” paparnya.

M19

 

BACA JUGA