Follow

DAPK Bekali Mahasiswa dan Alumni Unhas Menuju Dunia Kerja

Editor: Wandi Janwar | Sabtu, 07 Desember 2019 - 19:40 Wita | 89 Views
identitas/Santika

Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin (DAPK Unhas) kembali menyelenggarakan  Hasanuddin Career Program (HCP) di Aula Prof Dr Baharuddin Lopa SH, Fakultas Hukum Unhas.

Acara yang sudah terlaksana lima kali ini diperuntunkan kepada mahasiswa dan alumni Unhas untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Adapun rangkaian kegiatannya meliputi inspirational talkshow, toefl simulation dan priceless knowledge yang dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (7-8/12).

Pada penyelengaannya, HR Manager PT Indonesia Morowali Industrial, Park Achmanto Mendatu sebagai pembicara membahas mengenai karakter lulusan yang dibutuhkan perusahaan. Ia mengungkapkan bahwa sebagian besar instansi membutuhkan lulusan dengan kemampuan lebih di luar dari disiplin ilmunya. Orang seperti itu biasanya memiliki kopetensi transferable dan specific. Oleh karena itu lulusan baru harus memiliki jiwa pembelajar.

“Di perusahaan manapun tidak mengharapkan profesional, tapi orang pembelajar,” ujar Achmanto.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan talkshow dari empat alumni Unhas yang sudah berkecimpung di dunia kerja dari berbagai perusahaan. Di antranya Associate Realationship Manajer BRI Cabang Barru, Rudiasyah Yusuf dan pengawal Muda Departemen Surveilans Sistem Keuangan Bank Indonesia, Ali Muhasan.

Kemudian, Lulusan Calon Pegawai Negeri Sipil Kota Pare-pare, Zulfahmi dan CEO Khalifa Institute, Mumamad Akbar Bahmi. Mereka banyak berbagi cerita mengenai masa perkuliahan, cara mendapatkan pekerjaan, dan memberikan saran kepada peserta yang sebagian besar adalah mahasiaswa tingkat akhir yang ingin terjun ke dunia karja.

Santi Kartini

BACA JUGA