Follow

Dari Pohon Aren Menuju Desa Wisata

Editor: Wandi Janwar | Senin, 17 Juni 2019 - 21:46 Wita | 83 Views
Dokumentasi Pribadi

Mahasiswa Unhas yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), melakukan penelitian tehadap pengembangan pohon aren di Desa Lanne, Kabupaten Pangkep.

Penelitian ini berjudul “Meretas Jalan Mengembalikan Kejayaan Aren Guna Mendukung Perwujudan Dewi (Desa Wisata) Lanne”.

Tim tersebut terdiri dari Dewy Indasari (Fakultas Pertanian), Nurul Hikmah Meilani (Fakultas Pertanian), dan Ramdhan Rachmat (Fakultas Kehutanan). Sejak April 2019 lalu, ketiga mahasiswa tersebut telah berupaya  menemukan masalah terkait minimnya pengelolaan aren saat ini.

Desa Lanne merupakan salah satu daerah yang pernah menjadi sentra aren di Sulawesi Selatan. Namun, seiring dengan kemajuan aktivitas masyarakat dalam membuat aren semakin berkurang.

Melihat potensi alam Desa Lanne yang luar biasa, Dewy Indasary, selaku ketua tim mengungkapkan, riset yang mereka lakukan didasari karena keinginan untuk menghidupkan kembali aktivitas masyarakat dalam mengelola pohon aren menjadi gula merah.

“Saat ini, masyarakat yang mengelola aren sudah sangat jarang sekali, padahal dahulu daerah ini menjadi sentra pembuatan gula aren,” ungkapnya.

Minimnya kegiatan pengelolaan aren tersebut didukung dengan kegiatan masyarakat yang senantiasa menebang pohon aren untuk keperluan adat.

“Jadi masyarakat biasa menebang untuk dibuat sayur pongko. Itu dibuat dari bagian pucuk aren dan biasanya untuk keperluan adat,” ucap Kepala Desa Lanne, Kamaruddin Rahman SSos.

Penelitian yang berjalan dibawah bimbingan Dr Suhasman SHut MSi ini, dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Ketiga teknik tersebut akan mengantar pada hasil untuk merumuskan strategi untuk mengembangan aren.

“Melalui teknik yang digunakan, kami berharap bahwa strategi yang nantinya akan kami hasilkan dapat mendukung terwujudnya Desa Lanne sebagai Desa Wisata,” harap Dewy.

Citizen Reporter

BACA JUGA