Enam Ide Usaha yang Bisa Kamu Coba di Tengah Pandemi

Selama masa pandemi virus corona, seluruh lapisan masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. Pemberlakuan social distancing  membawa pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan seluruh masyarakat.

Salah satu yang merasakan dampak yang cukup signifikan ialah dunia perguruan tinggi. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka di dalam kelas (offline) kini hanya bisa dilakukan dari rumah via daring (online). Waktu yang biasanya dihabiskan di dalam kampus kini harus dihabiskan di rumah saja.

Pemberlakuan aturan baru ini bisa jadi merupakan peluang bagi para mahasiswa untuk memanfaatkan waktu kosong dari rumah untuk mendapatkan uang saku tambahan. Dengan pemberlakukan social distancing yang membatasi transaksi jual beli kontak langsung, beberapa usaha dibawah ini mungkin dapat menjadi peluang bisnis yang dapat dilakukan dari rumah,

Menjual makanan atau minuman berbasis online

Sumber : infokomputer.grid.id

Hobi memasak? Menjual makanan atau minuman secara online merupakan pilihan yang bagus untukmu. Selain dapat menyalurkan hobi, kamu juga bisa mendapat uang saku tambahan.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, kamu tak lagi perlu pusing memikirkan dan mengeluarkan biaya lebih untuk tempat pemasarannya. Platform media sosial seperti instagram, facebook, dan lainnya bisa kamu gunakan sebagai sarana pemasaranmu.

Reseller  atau dropshiper

Sumber: buattokoonline.id

Usaha yang satu ini mungkin sudah sangat familiar dikalangan mahasiswa. Jika ingin menjadi reseller, kamu hanya perlu membeli barang dari pemasok kemudian memasarkannya kembali secara online.

Tak punya modal? Lalu jadi dropshiper saja! Kamu tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, cukup dengan gadget kamu bisa memasarkan produk dari pemasok tanpa harus membelinya. Proses pengiriman barang pun  menjadi tanggung jawab dari pemasok.

Seperti salah satu mahasiswa jurusan Agribisnis, Nindya, yang saat ini sedang menjadi reseller pakaian dan memasarkannya di instagram. Mahasiswa angkatan 2019 itu mengungkapkan bahwa ia mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari usaha ini.

“Diluar dari modal, saya bisa mendapat untung sekitar 600 ribu perbulannya,” ungkapnya.

Ilustrator

Sumber : edutore.com

Untuk kamu yang suka menggambar, menjadi ilustrator merupakan pekerjaan yang cocok untuk mengisi waktu kosong di rumah. Menjadi ilustrator berarti kamu bukan hanya harus memiliki kemampuan menggambar saja,  tetapi juga harus memiliki kemampuan untuk membuat karya yang sesuai dengan keinginan klien. Sehingga, pesan yang ingin disampaikan oleh klien dapat tersampaikan.

Selain menerima pekerjaan dari klien, kamu juga bisa mengikutsertakan karyamu dalam sebuah pameran.

Content creator

Sumber : fajarpos.com

Punya banyak ide kreatif? Kamu bisa mencoba menjadi content creator. Menjadi content creator artinya kamu membuat konten kemudian menyebarkannya di berbagai platform media sosial yang tersedia seperti youtube, blog, facebook, instagram dan twitter. Jika kamu tetap konsisten dan membuat konten yang dapat menarik perhatian banyak orang, dijamin kamu akan mengsilkan uang saku yang cukup besar perbulannya.

Penulis lepas

Sumber : brilio.net

Suka menulis? Suka merangkai kata? Menjadi penulis lepas bisa jadi pilihan yang bagus untukmu. Penulis lepas bebas memilih ingin mengerjakan proyek apa dan untuk siapa. Kamu bisa menulis sesuai dengan keinginan klien atau pun menulis sesuai keinginan pribadi.

Belum lagi, sekarang ini ada banyak media massa yang menerima tulisan berupa opini, essai ataupun karya sastra seperti puisi dan cerpen. Ini bisa menjadi kesempatan untuk kamu yang ingin menambah uang saku bulanan tanpa harus keluar rumah.

Jasa review

Sumber : semutijo.com

Usaha satu ini juga merupakan pilihan yang cukup bagus, terutama kamu yang memiliki jumlah follower yang banyak di sosial media, seperti instagram dan youtube. Jasa review artinya kamu memperkenalkan produk klien dari sisi positif seperti kelebihannya, fitur, ciri khas dan sebagainya.

Bayarannya? Itu tergantung kesepakatan antara kamu dengan klien yang membutuhkan jasa review.

Itu dia enam usaha yang dapat kalian coba untuk menambahkan uang saku ditengah pandemi saat ini. Semoga bermanfaat, yah.

 M103

Written by

urwatulwutsqaa@gmail.com

No comments

LEAVE A COMMENT