Follow

Event Youth Space Bahas Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Editor: Wandi Janwar | Senin, 13 Juli 2020 - 15:03 Wita | 180 Views
Tangkapan layar

Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) Unhas menggelar Event Youth Space Virtual Talk Show bertemakan How We Boost Our Career as a Youth via zoom, Sabtu (11/7).

Dalam kegiatan ini, Puteri Indonesia Pariwisata 2017,  Karina Nabila bertindak sebagai moderator. Selain itu, juga mengundang pembicara dari Senior People Partner, Gojek dan Co-faunder @bantu_hr Muhammad Cipta Husada, HR Practioner dan Podcaster askHRlah, Monica Anggara serta Head of HR GA at Female Daily Network, Bani Wicaksono.

Pada kesempatannya, Bani Wicaksono membawakan materi tentang personal branding. Ia memberikan informasi dan pemahaman pentingnya seseorang membangun personal branding untuk mempermudah memasuki dunia kerja. Menurutnya personal branding lebih kepada reputasi dan persepsi diri.

Ia menekankan kondisi industri saat ini semakin banyak namun dari segi persaingan sangat kompetitif, sehingga kita harus memimiliki keunikan tersendiri yang membedakan kita dari orang lain.

Selanjutnya, Monica Anggara membawakan materi tips membuat Curiculum Vitae (CV) yang baik. Menurutnya CV merupakan gambaran diri pada sebuah kertas, sehingga CV harus berisi biodata yang singkat namun informatif memuat tentang diri, pengalaman, kemampuan, pendidikan dan referensi.

Monica memberikan saran apa yang harus dan tidak boleh ada di dalam CV berdasarkan pengalamannya selama Enam tahun bekerja di bidang perekrutan. Menurut monica CV yang baik adalah CV yang singkat, padat juga informatif.

Selain itu, ia juga membahas bagaimana mendesain tampilan CV yang menarik, karena menurutnya CV merupakan First Impression bagi perekrut, terutama menentukan warna tulisan dan lembar kertas CV. Warna CV yang baik menurutnya, ialah perpaduan gelap dan terang. “Kami terkadang jadi malas membacanya jika warnanya sama-sama gelap, bikin sakit mata,” bebernya.

Materi terakhir dibawakan, Muhammad Cipta Husada dengan membahas tips-tips saat interview, mulai dari apa saja yang harus dipersiapkan sebelum interview, apa yang seharusnya dilakukan selama interview, dan terkait dengan negosiasi gaji yang diharapkan nantinya, sehingga dapat membantu peserta saat melamar kerja.

M103

BACA JUGA