Follow

Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, Berburu Jati Diri Credence

Editor: Khintan | Selasa, 01 Januari 2019 - 15:00 Wita | 215 Views
Istimewa

Grindelwald, penyihir jahat itu berhasil lolos dari pengawalan Aurora. Ia berusaha mengumpulkan orang-orangnya dan mencari pemuda bernama Credence.  

Bagi para Potterhead, kehadiran Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald boleh jadi penawar rindu atas kisah-kisah Harry Potter yang sudah lama selesai itu. Sekuel kedua dari Fantastic Beasts and Where to Find Them (2016) ini menampilkan beberapa scene yang mengambil latar tempat Hogwarts, sekolah sihir yang dipimpin oleh salah satu penyihir terkuat, Albus Dumbledore.

Selain itu, juga ada scene Dumbledore yang sedang mengajar siswanya termasuk Newt untuk melawan Boggart. Newt sangat takut terhadap pekerjaan kantoran. Oleh sebab itu, ia pun merapalkan mantra melawan Boggart yaitu Riddikulus. Sedikit membayar rindu terhadap film Harry Potter, bukan?

Film yang diangkat dari novel JK Rowling ini menampilkan sosok Dumbledore muda yang diperankan Jude Law, jauh sebelum kisah Harry Potter dimulai. Meski begitu, beberapa tokoh atau nama yang muncul sudah tak asing lagi bagi para penggemar Harry Potter, seperti Nagini yang diperankan Claudia Kim dan Leta Lestrange yang dimainkan oleh Zoe Kravitz.

Seperti di sekuel sebelumnya, film yang berdurasi 133 menit ini juga masih menampilkan hewan-hewan unik milik Newt Scamander yang diperankan Eddie Redmayne. Justru, JK Rowling, menambah satu hewan unik peliharaan Newt. Menurut Newt, hewan dari Cina yang berbentuk seperti singa raksasa dengan ekor merah muda panjang yang menjuntai itu bernama Zouwo.

Saat mengetahui Tina Goldstein (Katherine Waterston) sedang memburu Credence (Ezra Miller) yang dijadikan tontonan di salah satu sirkus di Paris, Newt dan Jacob Kowalski (Dan Fogler) segera menyusulnya. Saat tiba di sana, ternyata Credence dan Nagini sedang berusaha kabur dari sirkus tersebut dengan cara melepaskan semua hewan yang masih berada di dalam kurungan sirkus. Dari situ lah, Newt menemukan Zouwo.

Waktu itu, Zouwo membuat penduduk Paris ketakutan. Ia menghancurkan apa saja yang dilewatinya sambil mengaum keras, menunjukkan bahwa ia sedang marah. Namun, Newt berhasil menaklukkannya dengan lonceng lucu berbentuk mirip seperti wajah Zouwo. Adegan ini mampu mengundang tawa penonton. Sebab wajah garang Zouwo tetiba saja berubah menjadi sangat menggemaskan ketika pertama kali diperlihatkan lonceng tersebut.

Lalu, jangan lupakan Niffler, ya, hewan kecil perpaduan tikus tanah dan platypus berwarna hitam yang hobinya mengambil barang-barang berkilauan. Dalam perjalanannya kali ini, Newt memboyong serta Niffler dan Bowtruckle, hewan kecil berwarna hijau yang berbentuk seperti pohon. Meski Niffler biasanya merepotkan Newt karena sering mencuri barang berkilauan, tetapi kali ini, ia berhasil membantu Newt dan Jacob menemukan petunjuk untuk menemukan Tina.

Ya, Tina yang awalnya ke Paris untuk mencari Credence, tak sengaja bertemu Yusuf Kama (William Nadylam). Saudara tiri Leta Lestrange tersebut menyekapnya di ruang bawah tanah. Kemudian, Newt dan Jacob juga bertemu dengan Yusuf. Dan mereka pun disekap di ruang yang sama dengan Tina. Yusuf melakukan itu sebab ia tak ingin ada yang membunuh Credence selain dirinya.

Akan tetapi, setelah mengatakan itu, tiba-tiba saja Yusuf yang berada tepat di depan pintu kurungan besi pingsan. Untungnya, Bowtruckle dapat membuka kunci pintu jeruji besi itu dengan jarinya yang panjang. Beruntung Newt memiliki hewan seperti mereka, ya. Bisa membantu dalam keadaan sulit, hehe.

Lanjut, mereka pun membawa Yusuf ke rumah aman yang Dumbledore pinjamkan kepada Newt. Mereka membaringkan Yusuf di atas sofa putih yang berada di ruang tengah rumah itu. Setelah itu, Tina segera saja melanjutkan misinya untuk mencari Credence. Newt pun mengejar perempuan yang telah mencuri hatinya itu.

Namun Tina bersikap dingin terhadap Newt. Padahal, ia juga memiliki rasa yang sama dengan Newt. Hanya saja, ia salah paham dengan berita yang tersebar bahwa Newt telah bertunangan dengan Leta. Cukup lama Newt membujuk Tina, hingga akhirnya ia bisa meluruskan kesalahpahaman itu.

Adalah Theseus Scamander (Callum Turner), saudara Newt yang sebenarnya menikahi Leta. Akhirnya, mereka berdua pun kembali bekerja sama seperti di part sebelumnya untuk memburu Credence.

Sebelumnya, Dumbledore memberikan tugas kepada Newt untuk menemukan Credence dan melawan Grindelwald (Jhonny Depp) sebab Dumbledore tidak dapat melawannya. Ia dan Grindelwald telah membuat sumpah untuk tidak saling bertengkar.

Film yang rilis di Indonesia 16 November 2018 ini memang memiliki cerita yang sangat kompleks. Selain menyajikan cerita soal Newt Scamander yang sangat ingin dijadikan Aurora oleh Kementerian Sihir, sesuai judulnya, film ini juga menyuguhkan kekejaman Grindelwald yang membunuh para muggle atau no-maj-bukan penyihir-. Dan upayanya dalam mengumpulkan massa untuk menghancurkan manusia atau muggle.

Akan tetapi, film ini tak begitu banyak menggambarkan kekejaman Grindelwald. Malah, Yates memberikan porsi cerita yang banyak kepada Credence dalam mencari jati dirinya. Sehingga, dari awal menonton film ini, penonton seakan diarahkan untuk menjawab pertanyaan tentang siapa sebenarnya Credence.

Lantas, siapakah Credence? Di akhir film, pertanyaan itu secara samar terjawabkan. Selamat menonton.

Data Film

Judul Film       : Fantastic Beasts : The Crimes of Grindelwald

Tayang               : 16 November 2018

Durasi             : 133 menit

Sutradara       : David Yates

Khintan

BACA JUGA