Follow

Fisip Unhas Gelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah

Editor: Wandi Janwar | Jumat, 08 November 2019 - 19:04 Wita | 47 Views
Dokumentasi Pribadi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (Fisip Unhas) menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal dengan menghadirkan dua pembicara utama. Mereka adalah Dr Phil Timo Markus Duile MA (Bonn University) dan Andi Ahmad Yani M Si MPA M Sc (Unhas). Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 14.00 Wita di Aula Prof Syukur Abdullah, Fisip Unhas, Kamis (08/11).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fisip Unhas, Dr Phil Sukri M Si. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa kegiatan tersebut menjadi salah satu sarana untuk membantu mahasiswa, khususnya magister dan doktor dalam menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas.

“Harapan kita ini bisa diselenggarakan minimal dua atau tiga kali dalam satu tahun. Namun, ada beberapa kendala prosedur sehingga kegiatan ini baru kita adakan kembali. Kita berharap, workshop penulisan artikel ilmiah ini bisa menjadi sarana untuk mempersiapkan tulisan yang nantinya bisa dipresentasikan pada konferensi internasional maupun dipublikasi pada jurnal bereputasi,” jelas Sukri dalam rilis yang diterima identitas.

Workshop ini dimulai dengan materi yang disampaikan Andi Ahmad Yani MSi MPA MSc mengenai, “Mengenal dan Memahami Artikel dan Jurnal Ilmiah: Sebuah Pengantar”. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan beberapa poin penting dalam menghasilkan jurnal yang berkualitas, seperti cara menentukan topik penelitian, pemilihan sumber tulisan, penyusunan sampai kepada proses penyuntingan.

“Tulisan yang baik dimulai dengan membaca yang baik. Dengan membaca, maka kita akan mengetahui dan mengenal perspektif dari apa yang dikerjakan. Mungkin teman-teman bertanya, mengapa perlu artikel ilmiah. Salah satu alasannya karena artikel ilmiah menjadi bentuk komitmen dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” jelas Andi, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr Phil Timo Markus Duile MA sebagai salah satu pemateri  menjelaskan mengenai langkah strategis yang diperlukan untuk memulai dalam  menghasilkan tulisan yang memiliki kriteria artikel yang baik.

“Sebelum menulis sebaiknya buat mind map dulu, supaya arah dan tujuan dari penelitian jelas. Sebelum disubmit, yang paling penting proofreading untuk mengetahui kesalahan dalam penulisan yang dilakukan,” jelas Timo.

Kegiatan yang menghadirkan kurang lebih 60 peserta dari kalangan mahasiswa, magister maupun doktor Fisip Unhas ini berlangsung hingga pukul 17.00 Wita.

Wandi Janwar  

 

BACA JUGA