Follow

FMIPA Unhas Jadi Penyelenggara Seminar Internasional Protein

Editor: Khintan | Kamis, 08 November 2018 - 15:16 Wita | 69 Views
Foto: Humas Unhas

Fakultas Kedokteran dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin menjadi penyelenggara The 5th International Seminar, Kongres, dan Workshop of Indonesian Protein Society (ISWIPS) 2018.

Kegiatan bertema “Science and Technology of Protein for Increasing Quality Of Human Life” ini dilaksanakan atas kerja sama FMIPA Unhas dengan Masyarakat Protein Indonesia (Indonesian Protein Society, IPS) dan Asia Pacific Protein Association (APPA). Acara ini berlangsung di Aula Fakultas Kehutanan, Kamis (9/11).

Konferensi ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh asosiasi, komunitas protein dan perguruan tinggi di Indonesia. ISWIPS 2018 ini diadakan untuk mempromosikan pentingnya keterkaitan antara teori, eksperimen, dan studi kasus yang berkembang terkait topik atau isu protein.

Kemudian, sekitar 100 peserta yang terdiri dari akademisi atau peneliti, pegawai dari instansi terkait, dan mahasiswa menghadiri acara tersebut. Peserta akademisi yang hadir di antaranya dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Institute Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Jember. Para akademisi yang hadir sebelumnya telah mengirimkan karya ilmiahnya untuk dikaji dan diusulkan ke Journal of New Biotechnology untuk dipublikasi di penerbitan jurnal tersebut.

Ketua Panitia, Prof Ahyar Ahmad, Ph D mengucapkan terima kasihnya pada sejumlah mitra, khususnya IPS dan APPA juga rektor Unhas yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan internasional ini.  Dia berharap, melalui acara tersebut, tema protein di perguruan tinggi, utamanya di Makassar, dapat dijadikan kajian dan peneltian para dosen atau peneliti, mengingat pentingnya kualitas protein dalam kehidupan manusia. Sehingga, ilmu dan teknologi yang terkait dengan protein bisa semakin berkembang, khusususnya di Indonesia bagian timur.

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengatakan, pihaknya sangat mendukung setiap kegiatan ilmiah dan riset yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang protein. “Unhas siap berpartisipasi dalam setiap upaya pengembangan bidang protein dan pencarian solusi yang terkait dengan masalah protein.  Dengan tersedianya berbagai fasilitas, bidang akademik kedokteran dan kesehatan, serta sumber daya manusia yang dimiliki, Unhas memiliki alasan yang kuat untuk menemukan berbagai solusi yang berhubungan dengan isu protein di Indonesia,”tulis Humas Unhas, Hidayat Doe mengutip perkataan Prof Dwia.

Setelah memberikan sambutan, Prof Dwia membuka seminar internasional tersebut dengan memukul gendang sebagai tanda acara dinyatakan dibuka secara resmi.

Acara tersebut menghadirkan sejumlah keynote speaker dalam negeri dan luar negeri, yaitu Prof Akhmaloka, Ph D (MIPA ITB), Prof Tri Agus Siswoyo, Ph D (Ketua IPS dan dosen Universitas Jember), Maggy Thenawidjaja Suhartono (IPB), Prof Adham M Abdou, Ph D (Benha University, Mesir), dan Prof James R Ketudat Cairns (Suranare University of Technology, Thailand). Para pembicara utama tersebut akan membahas berbagai topik dan isu yang menyangkut protein.

Presentasi dalam seminar ini berlangsung dari sekitar pukul 09.30 WITA hingga siang hari. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi pararel yang terbagi atas beberapa kelompok. Diskusi pararel berakhir hingga sore hari.

Rencananya, workshop akan digelar besok di Gedung Science Building FMIPA Unhas. Workshop tersebut akan membahas “Polimerase Chain Reaction And SDS – Polyacrylamid – gel Electrophoresis.

Reporter: Khintan

BACA JUGA