Follow

Galau Teman Duluan Wisuda ? Terapkan Hal Berikut Supaya Tetap Semangat

Editor: Fitri Ramadhani | Minggu, 14 Juli 2019 - 08:56 Wita | 349 Views
Foto: identitasunhas.com

“Kapan wisuda ?” Ketika pertanyaan itu sudah sering dilemparkan padamu, itu berarti kamu termasuk mahasiswa akhir (semester 7- 8 ke atas). Wisuda adalah suatu momen yang sangat dinanti-nantikan hampir setiap mahasiswa. Sebelum wisuda tentunya kita harus menyelesaikan tugas akhir kita atau biasa disebut skripsi. Sayangnya, banyak mahasiswa yang mengalami kendala proses perkuliahan seperti adanya utang kelas yang harus diselesaikan. Sehingga menyebabkan terlambat wisuda di saat teman seangkatan sudah mengenakan jubah toga wisuda. Jangan panik, tetap tenang, karena identitas akan membagikan tips-tips yang bisa kamu terapkan. Semangat mencobanya dan tetap semangat.

1. Jadikan wisuda teman sebagai motivasi

Foto : pojoksatu.id

Teman yang sudah wisuda duluan rasanya ibarat permen nano-nano, ada asem manisnya. Satu sisi kita ikut senang melihat teman seangkatan berhasil menyelesaikan pendidikannya. Sisi lainnya, sedih, karena kita belum bisa mencapai tahap tersebut. Hal itu dapat menjadikan cambukan untuk Anda semakin serius dan dorongan untuk menyelesaikan pendidikan.

2. Jangan terlalu panik

Foto: alodokter.com

Panik karena ditinggal teman seangkatan wisuda tentu hal yang wajar. Cobalah untuk santai dan berpikir bahwa teman Anda tidak benar-benar meninggalkan Anda. Sebaliknya, Anda bisa meminta beberapa tips dari mereka yang dapat mendukung dan membantu anda segera lulus.

3. Ingat Keluarga

Foto: blogkhususdoa.com

Peran keluarga sangat berpengaruh bagi kehidupan kita. Orang tua berusaha semaksimal mungkin untuk membiayai kuliah anaknya. Oleh karena itu, sebagai anak, tentunya kita ingin membahagiakan orang tua dengan menyandang status sarjana bukan ? Maka dengan mengingat orang tua, kiranya cukup menjadi suntikan semangat untuk fokus menyelesaikan pendidikan

4. Kurangi nongkrong

Foto : jatim.tribunnews.com

Bersantai menghabiskan waktu bersama teman-teman memang perlu dilakukan. Tetapi Anda perlu mengurangi seminimal mungkin hal tersebut. Karena Anda bukan lagi mahasiswa baru yang punya banyak waktu luang dan bebas pergi kemana saja.  Anda mempunyai target yang harus segera diselesaikan.

5. Cari Teman Baru

Foto: ugetuget.com

Teman-teman Anda sudah lulus duluan dan anda masih berkutik dengan lembar-lembar revisi, tentu Anda akan merasa sendirian, nah carilah teman baru. Bisa dari mahasiswa yang punya nasib sama atau, adik tingkat. Kehadiran teman baru akan memberikan hiburan tersendiri dan bisa saling menyemangati satu sama lain

M04

 

BACA JUGA