HCP Batch 4 Bahas Cara Membuat CV Menarik

Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin  (Unhas) kembali menggelar Hasanuddin Career Program (HCP) Batch 4. Kegiatan ini berlangsung via zoom meeting dan live YouTube, Rabu (25/11).

HCP Batch 4 hari pertama menghadirkan Kepala Sub Bagian Pengembangan SDM PT Perkebunan Nusantara XIV, Galih Ariprayugo. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg A Arsunan Arsin M Kes. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan HCP akan selalu hadir dalam memberikan bekal bagi mahasiswa semester akhir ataupun alumni yang akan mengembangkan dirinya ke depan.

Pada sesi pertama, Galih memaparkan materinya terkait how to create and outstanding Curriculum Vitae (CV), ia mengatakan CV adalah sebuah seni bagaimana ‘menjual’ diri ke perusahaan atau organisasi spesifik tertentu. “Menjual di sini berarti kita memberikan perusahaan yang dia butuh dan ada pada diri kita,” jelasnya.

Menurutnya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat CV. Di antaranya, mengenali lebih jauh tentang diri sendiri dan mengetahui teknik yang baik dalam membuat cv menarik.

Alumnnus Universitas Diponegoro ini  menekankan bahwa surat lamaran dan CV adalah dua hal yang berbeda. “Surat lamaran biasanya berbentuk surat terstruktur dan biasanya menjadi surat pengantar untuk CV. Sedangkan CV biasanya terletak alasan melamar sebuah pekerjaan, latar belakang pendidikan, pengalaman dan lain sebagainya,” jabarnya.

Sepanjang sesinya, ia banyak menampilkan praktik secara langsung terkait cara membuat CV yang baik, apa yang sebaiknya ada dan tidak, struktur penulisan serta ketentuan penulisan yang baik serta menarik. 

M126

No comments

LEAVE A COMMENT