Follow

Himafi Bahas Peran Pemuda dalam Revolusi Industri 4.0

Editor: Wandi Janwar | Sabtu, 13 April 2019 - 22:12 Wita | 75 Views
Foto: Hafis/identitas

Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Himafi FMIPA) Unhas, menggelar Seminar Nasional di Auditorium Prof Amiruddin, Sabtu (13/4).

Kegiatan yang merupakan rangkaian Pertemuan Ilmiah Mahasiswa Fisika Indonesia (Presisi) ini, mengangkat tema “Aktualisasi Peran Generasi Muda Indonesia dalam Menghadapi Pengaruh Revolusi Industri 4.0”.

Pada kesempatan itu, panitia mendatangkan empat pemateri hebat yang ahli di bidangnya. Mereka adalah Dr Geni Rina Sunaryo (Nuclear Reactor Tecnology and Safety  Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)), Dra Clara Y Yatini M Sc (Pusat Sains Antariksa LAPAN), Mochammad Taufiq Hidayat M IKOM (Kementerian  Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia), dan Muh Karnaen ST MSi (Badan Metereologi, Klimatalogi dan Goefisika (BMKG) wilayah lV Makassar).

Clara yang diberi kesempatan memaparkan materinya pertama kali menyampaikan, evolusi industri tak lepas dari teknologi antariksa. Menurutnya, salah satu aktivitas antariksa sangat berpengaruh terhadap bumi.

“Aktivitas pada Matahari berpengaruh pada Bumi, dan umumnya berada di bagian barat matahari,” jelasnya.

Selain itu, pemateri kedua, Taufiq mengatakan, manusia tidak perlu takut akan evolusi yang terus berkembang, karena industri evolusi bukan hanya soal kepintaran seseorang dalam teknologi.

“Soal teknologi adalah soal perangkat lunak atau alat, tetapi tetap ada manusia di belakangnya,” paparnya.

M13

BACA JUGA