Follow

Himafi Kenalkan Lubang Hitam Melalui Forum Keilmuan

Editor: Wandi Janwar | Sabtu, 11 Mei 2019 - 21:53 Wita | 67 Views
Dokumentasi Pribadi

Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Unhas mengadakan Forum Keilmuan bertajuk, “Lubang Hitam Tidaklah Begitu Hitam” di Science Building FMIPA Unhas, Sabtu (11/5).

Kegiatan tersebut dihadiri Alumni FMIPA Unhas, mahasiswa FMIPA Unhas angkatan 2016, 2017, dan 2018. Adapun tujuan digelarnya diskusi ini, yakni sebagai sarana edukasi dan mengasah kemampuan serta kemauan berfikir, bicara, dan berbagi pemahaman.

Pada kesempatan itu, panitia mengundang Muh Syahrul Padli SSi, Alumnus Fisika Unhas menjadi pemateri dalam forum tersebut. Dalam pemaparannya, lubang hitam (black hole) di perkenalkan secara matematis oleh Mathmatician, yang kemudian dikenalkan fenomena fisisnya oleh fisikawan.

Black hole merupkan fenomena alami yang terjadi dalam semesta, saat sebuah bintang sudah mati. Ketika bintang telah mati, maka akan berubah menjadi bintang netral (jika massanya kecil) atau black hole (jika massanya besar).

Fenomena ini juga dikatakan sebagai peristiwa di mana gravitasi bintang sangat kuat, sehingga menarik semua materi ke dalamnya termasuk cahaya. Inilah yang menjadi alasan penamaan black hole.

Berdasarkan teori dari fisikawan terkenal, Stephen Hawking, dalan lubang hitam ternyata ada kemungkinan cahaya keluar seblum masuk utuhnya dalam lubang hitam. Maka lubang hitam tidak benar-benar hitam. Atas dasar itu, maka digelarlah forum diskusi ini untuk membicarakan lebih jauh mengenai fenomena tersebut.

Andi Anugrah Caesar Tenri  Bali, Mahasiswa Fisika Unhas yang juga  merupakan salah satu peserta diskusi mengatakan, forum diskusi seperti ini dapat dikembangkan menjadi  sebuah kuliah umum.

“Mahasiswa khususnya eksakta di Unhas, lebih banyak memperhatikan dan mendiskusikan fenomena-fenomen terbaru. Sebaiknya mereka membuat bukan hanya sebuah forum, tapi bisa mengadakan kuliah umum untuk selanjutnya,” paparnya.

M01

BACA JUGA