Follow

Himafi Unhas Evaluasi Ruang Kuliah Hingga Proses Belajar Mengajar di Departemen Fisika

Editor: Khintan | Jumat, 23 Februari 2018 - 18:00 Wita | 329 Views
Himafi Unhas gelar Temu Civitas Akademika, Jumat (23/2). Foto:Cahya/identitas

Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Hasanuddin menggelar Temu Civitas Akademika (TCA) Departemen Fisika. Kegiatan ini berlangsung di Lecture Theater (LT) 2 FMIPA Unhas, Jumat (23/2).

Temu Civitas Akademika (TCA) Departemen Fisika merupakan salah satu program kerja dari Himafi FMIPA Unhas. Program ini bertujuan untuk meninjau kembali hal-hal yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan dari Departemen Fisika ke depannya. Mulai dari ruang kuliah, laboratorium, sarana dan prasarana pada saat proses belajar mengajar, dan lain-lain.

Kegiatan ini di hadiri oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr Amiruddin Eng SSi Msi, Ketua Departemen Fisika Dr Arifin MT, dan beberapa dosen Fisika serta seluruh warga  Himafi FMIPA Unhas. Hadir pula Kepala-kepala Laboratorium Departemen Fisika yakni Prof Dr Wira Bahari Nurdin, Prof Dr Dahlang Tahir, SSi Msi, Dr Arifin MT, Prof Dr Syamsir Dewang M Eng Sc, dan Dr Lantu M Eng Sc.

Dr Arifin MT selaku Ketua Departemen Fisika dan Kepala Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi memulai materinya dengan pengenalan tentang jurusan Fisika, pengenalan dosen-dosen Fisika, pengenalan lingkungan kampus, serta menjelaskan tentang kegiatan laboratorium, dan kegiatan kemahasiswaan. Departemen Fisika yang terdiri dari Program Studi Fisika S1, Fisika S2, Geofisika S1, dan Geofisika S2 memiliki beberapa laboratorium.

Untuk laboratorium program studi  Fisika, terdiri atas Laboratorium Teori dan Komputasi, Laboratorium Material dan Energi, Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi, serta Laboratorium Optik dan Spektroskopi. Untuk laboratorium Program Studi Geofisika, terdiri atas Laboratorium Geofisika Padat, Laboratorium Hidrometorologi, Laboratorium Dinamika Pantai dan Lautan, serta Laboratorium Geomatika.

Dari mahasiswa Himafi FMIPA Unhas, Nur Ayu Anas juga memaparkan hasil surveynya. Survey tersebut dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner yang berisi tentang tanggapan mahasiswa Fisika tentang ruang kuliah, sarana dan prasarana, proses belajar mengajar, kondisi alat dan ruang laboratorium, dan lain-lain.

Koordinator Team Work TCA, Nur  Ayu Anas,  mengatakan bahwa  hasil dari forum TCA ini akan dibukukan agar nantinya dapat dievaluasi. Apakah Departemen Fisika itu meningkat atau menurun.

“Harapannya, dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Departemen Fisika untuk menjadi lebih baik dengan memperhatikan hal-hal yang perlu dipertahankan atau ditingkatkan”, harapnya, Jumat (23/2).

Reporter: Cahya Mukhlisa Azdarani

 

BACA JUGA