Follow

Himahi Unhas Refleksi Satu Abad Ilmu Hubungan Internasional

Editor: Wandi Janwar | Sabtu, 05 Oktober 2019 - 22:27 Wita | 94 Views
Foto: Irma/identitas

Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Himahi FISIP) Unhas menggelar Talkshow dengan tema, “Refleksi Satu Abad Ilmu Hubungan Internasional”. Kegiatan ini digelar di Taman FISIP Unhas, Sabtu (5/10).

Talkshow tersebut merupakan salah satu rangkaian perayaan ulang tahun Himahi ke-34 yang bertepatan dengan satu abad Ilmu Hubungan Internasional (HI).

Kegiatan ini dihadiri mahasiswa Program Studi (Prodi) HI dan beberapa prodi lainnya . Adapun yang menjadi pembicara yakni Aswin Baharuddin SIP MA, salah seorang Dosen Ilmu HI.

Di sesi pertama, pemateri yang akrab disapa Sawin ini mengajak peserta untuk kembali mengingat hal mendasar dari Prodi HI  dan pembedanya dengan ilmu lain. Meskipun berumur satu abad, HI belum menemukan jawaban final tentang apa pembedanya dengan ilmu yang lainnya. Secara operasional formal, HI sering dikenal dengan semua kegiatan lintas negara.

”Kita sering terjebak pada defenisi secara operasional formal bahwa fenomena HI adalah semua yang berkaitan dengan lintas Negara,” bebernya.

Untuk sesi kedua yang menyajikan waktu tanya jawab, beberapa peserta antusias bertanya. Pada acara penutupannya, Talkshow ini ditutup dengan closing statement dari Sawin.

“Sebagai ilmuwan yang mempelajari HI, dorongan ilmu ini untuk tidak hanya berhenti pada analisis saja. Tidak hanya menjadi pengamat tetapi juga menyikapi baik atau buruknya, kemudian menggunakan ilmu ini untuk mentransformasi permasalahan social,” tutupnya.

M18

BACA JUGA