© Copyright Identitas 2020
 

Teknik Perkapan Unhas Implementasikan Teori Lewat Field Trip

Departemen Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT Unhas) mengadakan Field Trip di Bira, Kabupaten Bulukumba, Sabtu-Minggu (7-8/12).

Kegiatan ini sebagai satu langkah Departemen Perkapalan dalam mempelajari perkembangan produksi kapal kayu yang ada di Tana Beru. Ketua panitia, Editya Angga wijaya mengatakan, selama ini mereka hanya mendapatkan teori ketika kuliah sedangkan praktiknya belum pernah. Inilah yang menjadi salah satu alasan mereka melakukan Field Trip.

“Dilihat dari aspek aturan yang berlaku di perkuliahan sangat berbeda dengan yang terjadi dilapangan, sehingga kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari pembuatan kapal secara langsung oleh masyarakat Bira,” kata Egi, sapaan akrabnya.

Tidak hanya itu, kegiatan yang bertemakan “Mengimplementasikan Teori-Teori Seputar Dunia Perkapalan serta Mempelajari dan Menguak Cara Pembuatan Kapal Kayu (PHINISI) oleh Masyarakat Bulukumba” ini, dirangkaikan dengan bersih-bersih pantai dan malam ramah tamah bersama dosen serta kunjungan ke pelabuhan.

Egi berharap agar ilmu yang didapatkan bisa diaplikasikan dan mampu melestarikan kapal-kapal tradisional.

“Dari Ilmu yang telah di peroleh bisa diaplikasikan, sehingga kapal tradisional tetap terjaga keasliannya,” haranya, Minggu (08/12).

Santi Kartini

Share Post
No comments

LEAVE A COMMENT