IMSI-KMFIB Unhas Gelar Diklat Jurnalistik dan Penulisan XI

Ikatan Mahasiswa Sastra Indonesia Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (IMSI-KMFIB) Unhas menggelar Diklat Jurnalistik dan Penulisan XI, Kamis hingga Minggu (7-10/1). Kegiatan bertemakan “Reaktualisasi Asa melalui Media Jurnalistik” tersebut berlangsung via Zoom Meeting.

Diklat kali ini wajib diikuti oleh anggota IMSI yang tertarik bergabung ke Unit Kegiatan Lentera Kita. Pemimpin Redaksi Lentera Kita, Fitra Jayanti mengatakan, pelaksanaan kegiatan itu memiliki beberapa tujuan. “Tujuan kegiatan ini ialah melahirkan jurnalis yang pandai dalam dunia tulis menulis. Selain itu, kegiatan ini adalah langkah Lentera Kita untuk regenerasi,” ungkapnya.

Fitra juga mengatakan, beberapa kriteria penting penulisan. “Seseorang dinilai cakap menulis ketika pandai mengamati peristiwa, paham jenis-jenis dan kode etik penulisan berita,” ungkapnya.

Di sisi lain, Fitra tidak menampik kendala yang menghalangi. “Kami terkendala di sumber daya manusia. Beberapa anggota tim redaksi berada di daerah masing-masing sehingga proses komunikasi melalui daring,” ujarnya.

Adapun materi yang dibahas ialah keredaksian, dasar kode etik jurnalistik, penulisan berita, dan perencanaan liputan. Menutup pembicaraan, salah satu narasumber, Muhlis Abduh SS menambahkan pentingnya kode etik.

M209

BACA JUGA: Siapkan Diri Jadi Zona Integritas WBK-WBBM, FIB Unhas Gelar Sosialisasi

No comments

LEAVE A COMMENT