Follow

Ini 5 Aplikasi yang Lekat pada Mahasiswa

Editor: Fitri Ramadhani | Jumat, 12 Juli 2019 - 09:31 Wita | 367 Views
Foto : techno.okezone.com

Di era milenial, smartphone (ponsel pintar) menjadi suatu benda wajib yang dimiliki oleh berbagai kalangan, termasuk mahasiswa. Apalagi di Indonesia sendiri sedang digaungkan era industri 4.0 yang serba digital. Bila dulunya ponsel hanya digunakan sebagai alat berkomunikasi. Kini, dengan menggengam benda canggih itu kita bisa mengakses semua informasi yang ada di dunia. Ponsel pintar telah menyediakan berbagai aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Nah, ini lima aplikasi yang sering digunakan mahasiswa.

1. WhatsApp

Foto : Provoke-online.com

WhatsApp merupakan salah satu media sosial yang memudahkan pengguna untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi, serta dapat digunakan sebagai forum diskusi. Fungsi dari WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS dan telepon yang biasa digunakan di ponsel biasa. Tetapi, WhatsApp hanya bisa didownload melalui smartphone dengan data internet. Aplikasi ini sering digunakan oleh para mahasiswa. Mengapa ?

Misalnya saja, ketika kita mengikuti perkuliahan. Biasanya dosen atau ketua kelas mata kuliah tersebut akan membuat grup WhatsApp. Melalui  grup WhatsApp ini, dosen akan memberikan materi pembelajaran atau informasi lainnya. Selain itu, dengan adanya fitur itu bisa terjadi forum diskusi antara dosen dan mahasiswa. Juga, mahasiswa pun bisa mengirimkan tugas-tugas lewat grup ini.

2. Cam Scanner

Foto : Provoke-online.com

CamScanner ialah aplikasi yang berfungsi untuk memindai berkas atau dokumen berbentuk hardcopy menjadi softcopy. Dengan mengunduh aplikasi ini, kita lebih mudah membuat salinannya ke dalam ponsel kita. Penggunaannya cukup sederhana, yaitu mengambil gambar lalu menyesuaikan ukurannya. Selanjutnya, gambar itu dapat dibuka dan dibagikan dengan format PDF. Hasil scan yang diperoleh melalui aplikasi ini tak jauh beda dengan scanner pada umumnya. Sehingga pada kondisi mendesak, kita tidak akan kesuliatan lagi dalam mengurus dokumen karena semuanya dapat dilakukan secara cepat dan praktis.

3. WPS Office + PDF

Foto : Sevima.com

Dalam kehidupan mahasiswa, kita akan dihadapkan dengan berbagai jenis dokumen. Baik itu dokumen Word, Excel, PDF sampai Powerpoint yang sudah menjadi makanan sehari-hari. Nah, WPS Office + PDF ini bisa menjadi solusi untuk memudahkan mahasiswa dalam mengolah dokumen. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membaca, mengedit, sampai membuat dokumen baru. Adanya aplikasi ini di smartphone, kita tidak perlu lagi membawa atau membuka laptop jika ingin melihat dokumen atau tugas-tugas kuliah. Inilah, alasan mahasiswa erat hubungan dengan aplikasi ini.

4. Gmail

Foto : Fimela.com

Siapa sih yang tidak mengenal produk dari Google ini? Tentunya sebagai mahasiswa kita sering beraktivitas melalui aplikasi ini, misalnya mengirim surat atau  berbagai jenis file atau dokumen. Selain itu, Gmail juga bisa menjadi tempat penyimpanan dokumen-dokumen penting secara daring. Oleh karena itu, aplikasi ini penting dimiliki bagi kamu, apalagi bila ada materi perkuliahan dikirimkan melalui surel. Kamu pun tak usah khawatir jika ada kotak masuk, karena notifikasi akan muncul di layar ponsel pintar kamu.

5. Google Translate

Foto : Jalantikus.com

Mahasiswa kadang dihadapkan dengan berbagai dokumen yang memerlukan keterampilan berbahasa asing. Dengan bantuan aplikasi Google Translate ini memudahkan kamu untuk menerjemahkan dokumen-dokumen. Aplikasi ini sudah bisa diakses secara offline sehingga kapanpun dapat diakses dengan cepat. Selain itu, aplikasi ini juga mampu menerjemahkan kata dengan foto. Sehingga, adanya fitur tersebut akan sangat berguna jika kita kesulitan untuk menulis kata yang agak panjang. Jadi aplikasi ini, wajib  banget dimiliki buat para mahasiswa agar dapat membantu dalam menerjemahkan bahasa asing.

 M03

BACA JUGA