Follow

Ini Cara Daftar Bagi Mahasiswa Korban Gempa Palu untuk Kuliah Sementara di Unhas

Editor: Khintan | Selasa, 02 Oktober 2018 - 20:05 Wita | 6106 Views

Rencananya, Unhas akan menampung mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) untuk kuliah sementara hingga dua semester.

“Kita mengalokasikan waktu selama maksimal dua semester, dengan asumsi pada masa itu proses pemulihan situasi di kampus asalnya sudah rampung dan mereka dapat kembali kuliah ke kampus asalnya,”tulis Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman mengutip perkataan Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah.

Oleh sebab itu, bagi mahasiswa Untad yang ingin kuliah sementara di Unhas terlebih dahulu melaporkan diri ke kampus asalnya, Untad. Setelah itu, kampus asalnya akan mengirimkan nama-nama mahasiswa tersebut ke Unhas untuk ditempatkan di kelas-kelas yang relevan sesuai program studi mahasiswa tersebut.

“Jadi, mekanismenya adalah satu pintu, lembaga dengan lembaga. Jika mahasiswa ini sudah terlanjur berada di Makassar, silahkan menghubungi dulu kampus asalnya,”kata Suharman, Selasa (02/10).

Lebih lanjut, ia mengatakan, kita paham bahwa ini adalah situasi darurat, namun kebutuhan terhadap proses belajar-mengajar berbeda dengan kebutuhan terhadap makanan dan obat-obatan.  Kuliah bagi mahasiswa korban bencana dapat ditunda satu atau dua minggu.  Lagi pula, mahasiswa korban bencana perlu menenangkan diri dari trauma yang dialaminya.

“Kita tentu tidak akan membebani mahasiswa korban bencana dengan persoalan baru mengenai kelanjutan kuliah mereka.  Saat sekarang, konsentrasi bangsa Indonesia adalah sedang pada tahap evakuasi dan penyelamatan. Setelah itu, kita akan membahas bagaimana proses recovery untuk membantu mahasiswa korban bencana ini, termasuk pemberian bantuan beasiswa kepada mereka yang kehilangan orang tua dan anggota keluarga,”ucap Suharman yang juga merupakan Direktur Eksekutif di Forum Rektor Indonesia ini.

Untuk informasi lebih lanjut terkait hal ini, masyarakat dapat menghubungi Unit Humas Unhas di lantai 6 Gedung Rektorat, atau melalui telp/WA: 08117460411 pada setiap hari kerja.

Reporter: Khintan

BACA JUGA