Follow

Ini Penjelasan Redaktur Tribun Timur di Diklat Jurnalistik identitas

Editor: admin | Jumat, 13 April 2018 - 19:03 Wita | 182 Views
Redaktur Tribun Timur, Muhammad Irham berbagi ilmu penulisan straight news. Foto: Hafizah/identitas.

Penerbitan Kampus identitas Unhas menggelar Diklat Dasar Jurnalistik 43, Jumat (13/4). Mengangkat tema “Jurnalistik, Satu Goresan Sejuta Perubahan”, pelatihan ini menghadirkan sejumlah pemateri dari berbagai media cetak. Salah satunya adalah Muhammad Irham dari Tribun Timur Makassar.

Redaktur Tribun Timur ini membawakan materi tentang teknik penulisan berita straight news. Irham menjelaskan bahwa dalam penulisan berita harus mencakup jawaban dari pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana atau yang biasa dikenal 5W+1H.

Lebih lanjut, Irham menjelaskan bahwa dalam berita harus mengandung informasi yang unik dan menarik bagi pembaca.

Selain itu, Irex, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa sebaiknya dalam penulisan judul harus singkat, padat dan mudah dimengerti. Seorang jurnalistik harus memilih kata atau kalimat yang dekat dengan pembaca, sehingga mudah dimengerti.

Sedangkan untuk membuat pembaca lebih berlama-lama dan meresapi tulisan yang dibuat, sebaiknya menyertakan foto yang menarik.

Sebelum menutup materinya, Irex melakukan simulasi membuat berita straight terhadap 44 peserta yang hadir di pelatihan tersebut.

Reporter: Nurmala

BACA JUGA