Follow

Jangan Mie Instan Melulu! Ini 6 Menu Sehat & Murah untuk Mahasiswa Kosan

Editor: Sri Hadriana | Kamis, 30 November 2017 - 18:44 Wita | 250 Views
(Foto: dreamstime.com)

Bagi mahasiswa Unhas yang berasal dari daerah dan tidak punya kerabat di Makassar, harus siap tinggal di rumah kos atau kontrakan. Sebagai anak kosan, tentu harus mandiri, dan menyiapkan makanan sendiri. Alternatif yang kerap dipilih adalah membeli makanan jadi di warung makan terdekat. Namun keseringan makan di warung makan tentu membuat pengeluaran menjadi tinggi.

Memasak makanan sendiri adalah trik antisipasi tanggal tua yang paling jitu. Di samping murah dan terjamin kebersihannya, kita juga bisa pilih menu apa yang ingin kita buat.Tapi hati-hati, tujuan kita untuk berhemat bisa sirna karena resep makanan yang kita pilih tidak tepat. Pilih makanan yang tidak membutuhkan banyak bumbu saat dimasak, atau bahkan tidak membutuhkan bumbu sama sekali tentu berpengaruh pada anggaran yang kita keluarkan.

Menurut Ketua Departemen Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Aminuddin Syam, makanan yang sehat itu adalah makanan yang mengandung karbohidrat, mineral, vitamin, serat, lemak dan protein. Mahasiswa merupakan tahap transisi dari remaja akhir menuju dewasa sangat membutuhkan asupan gizi yang memadai. Hal ini dikarenakan kekurangan gizi dapat membuat prestasi jelek, baik itu prestasi akademik maupun prestasi olahraga karena berkaitan dengan ketahanan tubuhnya.

Mantan Wakil Dekan III Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas ini juga menyarankan mahasiswa kost-an bisa patungan dengan teman-temannya ketika ingin memasak biar bisa lebih hemat.

“Tipsnya kalau mau masak sendiri harus lebih dari lima orang karena keuntungannya lebih besar,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, gerakan makan pisang setiap pagi hari merupakan awal untuk hidup sehat namun murah. Cemilan ubi ungu pun bisa jadi pilhan, karena kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan mahasiswa.

Nah, ini 6 makanan yang sehat, murah dan mudah dibuat oleh mahasiswa:

1.Nasi Goreng Telur Dadar

Menu ini merupakan makanan yang paling sering dibuat. Apalagi di akhir bulan kita cuma punya beras, beberapa sisa bumbu dan dua butir telur. Maka kita bisa membuat inovasi dari bahan ini.

Nasi putih yang dipadupadamkan dengan bumbu untuk membuat nasi goreng ditambah dengan telur dadar. Tentu akan hemat biaya dibanding membeli nasi goreng yang sudah jadi. Hanya bermodalkan Rp 5000 kita sudah bisa membuat makanan ini.

2. Tumis Tahu Tauge

Untuk masakan yang kedua ini juga cukup terjangkau, berbahan dasar tahu, tomat, tauge dan kecap maka makanan ini sudah dapat dibuat.

Langkah awal membuat masakannya yaitu dengan menggoreng terlebih dahulu tahu, kemudian tomat dan tauge ditumis, lalu memasukkan tahu yang sudah digoreng tadi. Selanjutnya menambahkan kecap sesuai selera dan sedikit bumbu dapur lainnya maka masakan ini sudah siap dinikmati.

Modalknya hanya Rp 6000, kita sudah bisa makan masakan sehat. Sebab makanan ini sudah mengandung serat yang didapat dari tahu, vitamin yang didapat dari tomat dan meningkatnya daya tahan tubuh yanng bisa kita dapat dari kecap.

3. Tumis Kangkung Tempe

Bumbu yang tidak beragam dan cara masak yang simpel membuat masakan ini bisa menjadi primadona untuk anak kosan. Bermodalkan uang Rp 4000, masakan ini bisa dimakan ramai-ramai dengan tetangga kosan. Selain murah masakan ini juga sehat. Protein dan serat serta vitamin yang didapat dari kangkung dan tempe bisa membuat tubuh kita semakin sehat.

4. Sosis Gulung Mie

Selain murah, menu ini tergolong menu zaman now. Yah, sosis dan mie yang digabung kemudian digoreng tentu membuat kita tak sabar untuk menyantapnya.

Untuk membuat makanan ini, mahasiswa tidap perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Dengan uang Rp 6000 kita sudah bisa menyulap sosis dan mie tadi menjadi masakan super enak.

5. Ubi Ungu Rebus dan Teh Hangat

Yah, tinggal direbus kemudian disuguhkan dengan teh hangat maka makanan ini sudah bisa menjadi cemilan yang menyehatkan. Sebab manfaat ubi ungu sebagai antioksidan yang baik, sangat bagus bagi mahasiswa karena aktivitas yang tak luput dari debu berpotensi menjadikan tubuh tak sehat. Namun dengan mengomsumsi ubi ungu tadi maka tubuh akan terlindungi dari oksidan debu.

6. Pisang Ambon

 Di antara semua masakan dan makanan yang ditawarkan, makanan inilah yang tak perlu dimasak untuk mengomsumsinya. Gerakan makan pisang setiap hari merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan Indonesia sehat. Pisang mengandung karbohidrat, vitamin, serat, protein dan mineral ini dapat menyehatkan tubuh kita. Mengapa saya memilih pisang ambon? Sebab pisang ini memiliki bau yang khas dan rasa yang manis sehingga untuk mengomsumsi pisang ini tidak bosan.

Selamat mencoba!

Reporter: Wandi Janwar

 

BACA JUGA