Follow

Kembangkan Jiwa Wirausaha Kreatif Mahasiswa Lewat Creativepreneur

Editor: Khintan | Selasa, 18 September 2018 - 18:04 Wita | 242 Views
Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT-UH) menyelenggarakan Creativepreneur dari tanggal 17-19 September 2018. Foto: Muh.Irfan/Identitas.

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT-UH) menyelenggarakan Creativepreneur dari tanggal 17-19 September 2018. Kegiatan ini merupakan bentuk realisasi dari program kerja divisi kewirausahaan dengan mengangkat tema “Building Entrepreneurial Spirit For The 4.0 Generation”.

Acara ini bertujuan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa tentang bagaimana cara membangun jiwa wirausaha yang kreatif dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Pengembangan FT-UH, Prof Baharuddin, ST, MA Ph D di Lecture Theater, CSA Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Gowa.

Selanjutnya, Seminar Kewirausahaan Revolusi Industri 4.0 dengan menghadirkan empat pembicara yaitu Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan, H Ahmad Akil, SE, MM, General Manager of Makassar Digital Valley, S. Ariyani, Founder PT Mall Sampah Indonesia, Adi Saifullah Putra, dan Pemilik Kampoeng Merdeka, Iskandar Cita.

Ahmad Akil yang dimoderatori oleh Mahasiswa Industri angkatan 2015, Oktobianra menyampaikan materi tentang “Revolusi Industri 4.0”. Ia membahas tentang potensi besar yang dimiliki Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 agar meningkatkan Sumber Daya Manusia untuk masuk dalam 10 besar ekonomi terbesar di dunia. Kemudian, sesi kedua dibawakan S.Ariyani mengangkat topik mengenai “Building Strong Digital Preneurship With Distruptive Mindset” yang dimoderatori Mahasiswa Industri Angkatan 2016, Fairuz F Ruslan. Ia berbicara tentang penggunaan start up dalam berwirausaha yang merupakan identitas revolusi industri 4.0, yakni era digitalitasi.

Adi Saifullah Putra menjadi pembicara pada sesi ketiga yang dimoderatori Mahasiswa Industri Angkatan 2016, Putri Agustria. Ia menyampaikan materi tentang Change the World with Your Social Business. Adi menjelaskan bagaimana memulai suatu bisnis itu dengan melihat nilai sosialnya untuk mengubah dunia dan memberikan konstribusi.

Sesi terakhir disampaikan oleh Iskandar Cita. Cita menyampaikan tentang “Merdeka dalam Berwirausaha” yang dimoderatori oleh Mahasiswa Industri Angkatan 2016, Dedi Niswar. Cita menjelaskan perjalanannya dalam berbisnis dari awal hingga mencapai apa yang diinginkan, bagaimana berwirausaha itu membutuhkan kerja keras, keberanian, dan kegigihan.

Selain kegiatan seminar, hari pertama dan kedua kegiatan ini juga menghadirkan pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di bundaran Amphitheater Fakultas Teknik Unhas. Selain itu, ada juga aksi kemanusiaan dengan mengadakan kegiatan donor darah yang berlangsung di Show Case Lantai Dua Gedung CSA (Center of Sciencetific Activity).

Pengunjung juga dihibur dengan adanya konser musik oleh UKMT Major 09 SMFT UH. Rencananya, rangkaian kegiatan ini akan diakhiri dengan perayaan Anniversary Departemen Teknik Industri FT-UH ke-16 & HMTI FT-UH ke-3.

“Harapan saya dengan diadakannya kegiatan ini bisa mengubah cara berpikir mahasiswa atau calon pelaku usaha agar lebih jeli melihat peluang di sekitarnya, serta yang paling terpenting adalah mengubah pertanyaan sekarang kerja di mana?’ dengan pertanyaan sekarang apa bisnis atau usahanya? jika kelak bertemu di kemudian hari,”kata Alumni Teknik Industri Angkatan 2013, Suardi Hasjum, ST.

M01

BACA JUGA